Sukses

Lifestyle

Buka Puasa di Palembang, Wajib Datang ke Martabak Har

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan atau puasa ini kita mungkin semakin menyadari kalau satu daerah di Indonesia punya ciri khas kuliner tersendiri, yaitu di Palembang, Sumatera Selatan.

Selama ini mungkin Palembang hanya identik dengan pempek. Padahal masih banyak makanan khas di Palembang. Di bulan puasa ini kita bisa menjumpai berbagai pilihan makanan untuk sahur maupun berbuka puasa. Begitu banyak pilihan makanan yang bisa kamu temukan di Palembang.

Salah satu tempat yang jangan sampai lupa kamu kunjungi, terutama untuk berbuka di bulan puasa ini, adalah Martabak Har. Gerai martabak ini berada di seberang Masjid Agung Palembang, tepatnya berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, 18 Ilir. Seperti dilansir dari travelingyuk.com, bentuk martabak ini beda dengan kuliner serupa.

Biasanya telur, daging dan potongan daun bawang dikocok dan digoreng di atas kulit lumpia, Martabak Har tidaklah sama. Telur ayam atau bebek langsung dicampurkan ke dalam kulit lumpia.

Kulit lumpia yang sudah berisi telur itu lalu digoreng di atas minyak panas sampai matang. Salah satu kunci kelezatannya ada pada siraman kuah kari kental. Ditambah campuran kentang dan potongan daging. Kalau sudah tersaji di depan kita, rasanya perut kita terasa lapar dan ingin menyantapnya segera.

Kuliner enak ini tidak memakai penyedap rasa, jadi rasanya sangatlah otentik. Buat yang doyan pedas bisa menuangkan saus tambahan berbahan cuka, kecap asin dan irisan cabe hijau.

Kuah Kari Khas India

Dengan adonan yang cukup tebal, satu porsi saja sudah cukup bikin kenyang. Harga per porsi sekitar Rp 23.000 untuk telur ayam dan Rp 25.000 untuk telur bebek. Tempat yang tak pernah sepi pengunjung ini buka setiap hari mulai jam 06.00 sampai jam 1 dinihari.

Di bulan puasa jam operasional berubah dari 13.00 sampai jam 1 dinihari. Kedai martabak yang diciptakan oleh Haji Abdul Rozak ini sudah ada sejak 7 Juli 1947 ini. Kabarnya, sang penemu Martabak Har adalah keturunan India jadi tak heran kalau sentuhan kuah karinya begitu khas.

Martabak Har sudah punya sejumlah cabang di seluruh penjuru Palembang. Jadi jangan lupa mampir ke gerai martabak ini kalau kamu sedang ada di Palembang.

 

;
Loading