Sukses

Lifestyle

5 Makanan Favorit Berbuka Puasa Nabi Muhammad SAW Selain Kurma

Bintang.com, Jakarta Di tiap bulan Ramadan, kurma selalu jadi buah paling favorit untuk berbuka puasa. Selain menyehatkan, kurma memang jadi menu takjil atau berbuka puasa utama Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya saat berbuka tapi juga saat sahur.

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda,”Sahurnya orang Mukmin adalah buah kurma.” (HR Abu Daud). Saat adzan Maghrib berkumandang, setelah membaca doa Nabi Muhammad SAW akan langsung menyantap buah kurma dan minum air putih

Kalau kamu ingin tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa, tak ada salahnya untuk mengikuti menu buka puasa favorit Rasulullah. Sejak lama, buah kurma memang dikenal baik untuk kesehatan. Salah satunya karena kurma buah yang mudah dicerna dan punya kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. 

Namun tak hanya kurma, beberapa menu kesukaan Rasulullah ini juga tak kalah lezat dan sehat disantap saat berbuka puasa. Bahkan tak sedikit yang bermanfaat untuk memberikan energi setelah seharian berpuasa.

Lalu apa saja menu favorit Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa? Seperti dilansir dari brilio.net dan liputan6.com, ada lima makanan favorit Rasulullah.

1. Anggur

Anggur punya memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama buat mereka yang berpuasa. Kandungan vitamin C dalam buah anggur dapat meningkatan daya tahan tubuh. Rasanya yang manis juga membantu menggantikan gula yang cairan yang hilang selama berpuasa.

Potasium dalam anggur mampu mencegah parahnya tekanan darah tinggi. Anggur juga bisa menjaga kesehatan otak, penuaan diri, dan mencegah kanker.

Madu dan Susu

2. Madu.

Madu memang sangat baik bagi tubuh kita. Rasanya yang enak dan tak terlalu manis juga sering digunakan sebagai pengganti gula. Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa sendiri dapat menjaga kadar gula darah.

Madu juga bermanfaat menghindari sembelit dan diare akibat makanan yang dikonsumsi. Manfaat lain madu dapat mencegah kanker serta penyakit jantung.

3. Susu

Bukan hanya berbuka, saat sahur pun tak sedikit orang yang mengonsumsi segelas susu. Begitu pula dengan Nabi Muhammad SAW. Kandungan vitamin dalam susu dapat membantu menjaga kebugaran tubuh seharian. Kandungan dalam segelas susu sendiri mengandung protein, kalsium yang sangat baik bagi kesehatan.

Delima dan Semangka

4. Delima

Walaupun bentuknya kecil, buah delima punya manfaat yang besar, terutama untuk membersihkan perut dan lambung. Nabi Muhammad pun sangat suka menyantap buah berwarna merah ini. Seperti buah lain pada umumnya, delima memiliki jumlah zat antioksidan dan diperkaya vitamin yang berfungsi memerangi radikal bebas.

5. Semangka

Buah semangka disukai banyak orang termasuk Nabi Muhammad SAW karena rasanya manis dan punya kandungan air yang banyak serta baik bagi kesehatan.

Semangka juga mengandung antioksidan dan banyak disukai sebagai menu pencuci mulut. Kandungan air dalam semangka diyakini bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang seharian sehingga pas jadi salah satu pilihan buat berbuka puasa.

 

;
Loading