Sukses

Lifestyle

Editor Says: Susahnya untuk Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia tentu saja pernah berbuat salah, baik kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri atau pun kesalahan yang juga merugikan orang lain. Pertanyaannya saat orang lain berbuat salah kepadamu, dia akan meminta maaf dan kamu akan memaafkannya. Lalu bagaimana jika kesalahan itu kamu buat sendiri, apakah kamu bisa memaafkan dirimu sendiri?

Susah, itu sudah pasti sulit dilakukan. Bukan cuma omong kosong, tapi hal tersebut juga dibenarkan oleh para ahli. Dilansir dari Webmd.com, trainer di Caron Foundation Wernersville, Sharon A. Hartman, LSW mengatakan,”Memaafkan diri sendiri adalah sebuah proses penyembuhan yang paling susah dilakukan.”

Apa kesalahan yang sudah kamu lakukan sehingga kamu sulit memaafkan dirimu sendiri? Apa kamu sudah berselingkuh? Mencuri? Membuat orang lain terluka? Menyakiti perasaan orangtuamu? Penyesalan memang datangnya selalu belakangan, hal tersebut tak hanya menimpa dirimu, tetapi juga menimpa orang lain.

Dan banyak orang yang ketika menyadari kesalahannya mereka akan merasa sangat berdosa, tidak dapat memaafkan diri sendiri, penyesalan yang sangat mendalam. Satu hal yang perlu diingat adalah hidup itu mengenai sebuah pembelajaran, jangan pernah mengejar kesempurnaan karena itu tidak akan pernah ada.

Kalau kamu bisa memaafkan orang lain, maka sudah seharusnya kamu bisa memaafkan dirimu sendiri. Kesalahan yang kamu terus ingat akan memperburuk keadaanmu, bukan hanya pikiran, tetapi juga kesehatan kamu. jadi, berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk memaafkan diri sendiri.

Mesin waktu yang dapat bisa membawa kamu ke masa lalu itu tidak ada, jadi kamu tidak akan bisa mengubah semua yang sudah terjadi. Cobalah untuk menutup matamu dan pikirkanlah hal itu. Kesalahan yang sudah dibuat itu jadikan pelajaran berharga, dan jangan pernah mengulanginya lagi. Ingat, memaafkan diri sendiri itu susah.

Hal-hal yang Perlu Kamu Renungkan

1. Jadikan Kesalahan Itu Sebagai Sebuah Proses Pendewasaa

Menganggap kesalahan adalah sebuah proses yang harus dilewati untuk menjadi lebih dewasa adalah hal yang lebih baik dibandingkan kamu terus-terusan marah kepada dirimu sendiri. Tentunya pilihan ada di kamu, apakah kamu mau berjalan maju atau mundur dan akhirnya malah merugi.

2. Hidup Akan Lebih Tenang Jika Kamu Bisa Memaafkan Dirimu Sendiri

Butuh waktu berapa lama untuk kamu bisa memaafkan diri sendiri? Sehari? Seminggu, sebulan? Setahun? Waktu tersebutlah yang akan mempengaruhi ketenangan dalam hidup kamu. Semakin cepat kamu memaafkan dirimu sendiri, maka hidup kamu akan lebih tenang dan bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading