Sukses

Lifestyle

Psikologi: Sedang Single dan Merasa Kesepian, Lakukan 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Entah tinggal seorang diri atau sedang single, kita tentu pernah merasa kesepian. It’s normal, tapi sebaiknya tidak larut dalam kesepian yang justru bisa berujung pada rasa risau Sendiri tidak berarti kesepian. Karena ada beberapa hal yang clinical psychologist Josh Klapow, PhD sarankan agar kita dapat mencegah rasa kesepian tersebut muncul.

Interaksi Sosial

Dr Klapow menggarisbawahi kesepian tidak hanya berasal dari status hubungan, tapi juga karena kurangnya interaksi sosial. Tapi bukan berarti kita harus pergi keluar atau berpesta terus-terusan. Sesederhana berinteraksi dengan orang sekitar maupun orang tersayang dapat membuat kita bahagia , itu pun sudah sangat cukup mengisi kekosongan yang mungkin membuat hati terasa kosong.

Mengikuti Aktivitas yang Melibatkan Banyak Orang

Jika tidak tahu harus mulai bersosialisasi dari mana, tidak ada salahnya mengikuti kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti zumba, yoga, panel diskusi, dan lain sebagainya. Dr Klapow menyarankan untuk memaksa diri kita terlibat dalam proses sosialisasi.

Coba Pengalaman Bermakna

Daripada sendiri di kamar (yang dengan mudah membuat kita merasa kesepian), jauh lebih baik pergi keluar melakukan kegiatan seru yang menyenangkan. Tapi bukan sembarang kegiatan. Pilihlah yang memiliki makna dan nilai, seperti jadi relawan, guru untuk anak-anak kecil, atau merawat binatang terlantar di shelter. Jadi tidak sekadar kegiatan untuk bersenang-senang saja.

Ubah Cara Berpikir

Berdasarkan riset, jika kesepian dipelihara, maka akan buat kita lebih sensitive terhadap penolakan. Ketika kita berada di lingkungan sosial yang bernuansa positif atau negatif, pikiran kita cenderung percaya bahwa momen tersebut adalah yang terburuk. Pikiran pesimis dan negatif tersebut tentu terstimulasi dari rasa sepi yang kita rasa. Maka, ubahlah cara pikir kita jadi jauh lebih positif. Bahkan berpikir positif dapat mengurangi rasa kesepian.

Mintalah Bantuan dari Ahli

Jika semua poin di atas sudah dilakukan dan ternyata rasa kesepian tersebut masih menjalar dalam diri kita setiap hari (dan membuat kita putus asa), ini artinya kita membutuhkan penanganan lebih serius, dalam hal ini datang ke ahli kesehatan mental seperti psikiater dan terapis. Mereka akan bantu menangani kesepian dan perasaan yang kita rasa dari dalam lubuk hati.

Jadi single bukan sesuatu yang memalukan. Hanya saja jangan sampai membuat diri ini merasa sangat kesepian. Namun, jika rasa itu muncul, segeralah melakukan aktivitas yang dapat mengusirnya. Jika perlu, peliharalah binatang, pergi berjalan-jalan (dan tinggalkan gadget), dan rangkul dari teman terdekat. Bahkan aksi sederhana seperti senyum kepada orang-orang yang kita jumpai dapat mengurangi rasa sepi. Cobalah.

;
Loading