Sukses

Lifestyle

Resep Menu Berbuka Puasa, Asida Dodol Khas Ambon

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai macam pilihan menu yang pas untuk sahur maupun berbuka puasa di bulan Ramadan. Saat berbuka kita dianjurkan untuk minum atau menyantap makanan yang manis lebih dulu.

Diantara banyak pilihan, ada penganan khas Ambon yang termasuk unik karena bisa dijumpai di bulan Ramadan saja. Namanya asida yang punya rasa manis seperti dodol. Asida juga memiliki aroma kayu manis.

Namun, teksturnya sekenyal dodol, karena tidak terbuat dari tepung ketan, melainkan tepung terigu. Selain itu, di bagian atasnya, kue ini dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih.  

Perpaduan antara manis dan gurih inilah yang membuat asida menjadi santapan yang unik. Berikut ini ada cara membuat Asida, seperti dilansir dari brilio.net, yang cukup praktis.

Bahan yang disiapkan

250 gr tepung terigu

250 ml air

150 gr gula merah sisir

8-10 biji kapulaga

2 lembar daun pandan

3 sdm mentega

Garam secukupnya.

Cara membuat

1. Siapkan panci kecil, lalu tuangkan air. Masukkan kapulaga yang sudah ditumbuk, kayu manis, daun pandan, gula merah, dan garam.

2. Panaskan sampai mendidih selama 3-5 menit. Selagi panas, masukkan mentega dan aduk hingga mencair, lalu dinginkan.

3. Setelah dingin, saring air tersebut dan campurkan dengan terigu. Aduk hingga rata.3. Panaskan kuali atau panci, tuang adonan tersebut. Masaklah dengan api yang kecil.

4. Aduk terus agar adonan tidak gosong sampai teksturnya menjadi kental seperti dodol. Supaya mudah mengaduk, sebaiknya gunakan sendok kayu.

5. Bentuk adonan seperti gunung. Bagian tengahnya dibentuk menyerupai lubang. Lalu tuangkan mentega cair ke dalam lubang tersebut. Asida pun siap disajikan.

Tak ada salahnya membuat menu makanan yang baru dan beda, seperti asida. Apalagi negeri kita punya banyak makanan khas yang menarik. Masih ada sejumlah resep menu sahur dan berbuka puasa yang akan disajikan selama bulan Ramadan 1439 H ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading