Sukses

Lifestyle

Cek Kesehatan, 3 Hal Ini Harus Kamu Periksa Sebelum Mudik

Bintang.com, Jakarta Meski Lebaran masih beberapa hari lagi, namun sudah banyak orang yang mulai pulang kampung untuk menghindari kemacetan dan juga mahalnya tiket kereta serta pesawat. 

Kamu yang sudah tak sabar ingin berkumpul dengan keluarga besar pasti sudah sangat excited dan mempersiapkan semua keperluan untuk mudik. 

Tapi jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan, lho! Dilansir dari salah satu media nasional, warga kini bisa melakukan cek kesehatan gratis di puskesmas. 

"Jadi, memang ada satu hal yang kita ubah dari biasanya, bahwa sopir yang membawa kendaraan orang pulang kampung, kalau dulu hanya diperiksa di terminal, tetapi kita sekarang kita datangin ke perusahaan. Satu minggu sebelumnya baru (diperiksa), nanti waktu mau pulang kita periksa lagi," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto kepada media tersebut. 

Tapi, sebaiknya kamu juga tahu apa saja yang harus diperiksa sebelum pergi mudik. Dilansir dari Klik Dokter, ini beberapa ketentuan saat melakukan tes kesehatan sebelum dan sesudah mudik

Periksa Urine

Pada saat melakukan pemeriksaan urine, cewek harus melakukannya 7 hari sebelum dan sesudah menstruasi. Soalnya, darah menstruasi yang terkandung dalam urine bisa mengubah atau memengaruhi hasil dari tes. 

Tes urine biasanya diperlukan untuk memeriksa kadar alkohol dan obat-obatan yang dikonsumsi. 

Tes Darah

Pada saat melakukan tes darah, disarankan untuk puasa selama 12 jam bag penderita trigliserida. Tapi, pasien masih boleh meminum air mineral selama puasa. 

Nah, kalau nggak memliki penyakit tersebut, pasien dianjurkan untuk puasa minimal 10 jam sebelum pengambilan darah. 

Loading