Sukses

Lifestyle

Selamat Lebaran, Wajib Baca 7 Tips Ini Jika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Fimela.com, Jakarta Sudah menghitung mundur jam-jam menuju mudik karena pekerjaan dan deadline masih menyita waktu? Jika berencana untuk mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, sebaiknya sudah membuat daftar khusus agar perjalanan mudik sekeluarga dapat berlangsung aman dan nyaman. Karena memang, sejatinya mudik itu tak pernah mudah. Pasti melelahkan. Belum lagi segala risikonya. Tapi, tak ada yang mengalahkan rasa bahagia bertemu dengan keluarga besar di hari raya, kan?

Sambil mempersiapkan perjalanan mudik, simak tips singkat mudik di bawah ini bila hendak melakukannya dengan kendaraan pribadi.

1. Cek kondisi mobil

Yang pasti sebelum mudik, mobil harus sudah diservis. Agar kendaraan pribadi dapat melewati perjalanan mudik   dalam  keadaan terbaiknya. Semua elemen di dalam mobil harus dalam kondisi prima, dari radiator, mesin, tangki minyak, aki, sampai kondisi ban. Dan penting sekali, jangan memuat penumpang melebihi kapasitas yang dianjurkan.

2. Tubuh kita harus sehat

Tubuh yang segar untuk mudik tentu menguntungkan kita selama di perjalanan. Menahan sakit selama perjalanan mudik, lalu tumbang saat sampai di kampung halaman dan akhirnya sakit saat Lebaran tentu tak kita inginkan, bukan?

3. Jangan lupakan barang-barang penting

Selalu siap dengan hal-hal tak terduga di perjalanan. Ban serep, dongkrak, kotak alat-alat, kotak obat, uang tunai, tanda pengenal. Cek semua sebelum meninggalkan rumah.

4. Istirahat di perjalanan

Bila perjalanan mudik kita panjang, sebaiknya yang berada di balik kemudi harus beristirahat tiap 3 jam sekali. Utamakan keselamatan. Terlebih jalur mudik selalu akan padat dengan kendaraan, kondisi prima dengan istirahat yang cukup sangat dituntut.

5. Akses ke nomor-nomor penting

Nomor-nomor penting untuk keadaan darurat, termasuk nomor layanan derek mobil wajib ada di ponsel.

6. Taat peraturan lalu lintas

Selamat sampai ke tujuan dimulai dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Sekali lagi, jalur mudik akan dipenuhi oleh ratusan bahkan ribuan kendaraan. Penting untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas agar kita semua selamat di jalan bersama-sama.

7. Punya asuransi

Tak ada yang mau, tapi faktanya di masa berlibur sering sekali terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Kecelakaan sampai perampokan, mungkin di rumah yang ditinggal mudik. Apakah sudah punya asuransi untuk melindungi dari risiko semacam itu?