Sukses

Lifestyle

Editor Says: Kenapa Cewek Muda Harus Waspada Sama Diabetes

Fimela.com, Jakarta Diabetes. Banyak cewek yang merasa penyakit ini nggak akan menjamah kaum milenials. Terutama para cewek muda seperti kita yang mash ingin makan dan menikmati hidup asyik. Bukan hidup sehat. 

Padahal, penyakit yang disebut sebagai penyakit orang tua ini juga banyak menimpa anak-anak muda. Meskipun nggak banyak banget, sih, tapi kamu sebagai cewek sepertinya harus tetap waspada. 

Dan ini nggak main-main, lho! Soalnya, dilansir dari Health Line, penyakit yang banyak merenggut nyawa orang ini nggak kenal ras, usia, dan jenis kelamin. 

Antara tahun 1971 hingga zaman awal milenium alias tahun 2000, angka kematian pada penderita pria diabetes menurun. Studi yang dilakukan Annals of Internal Medicine ini justru menunjukkan kalau angka kematian pada cewek gara-gara penyakit gula ini justru nggak membaik. 

Meskipun nggak meningkat dengan drastis, tapi angkanya nggak menurun. Bahkan, angka pasien diabetes cewek versus angka cewek yang nggak mengidap penyakit ini bedanya dua kali lipat. 

Fakta ini menyeramkan, lho! Itu makanya, cewek harus waspada dengan penyakit gula ini. Jangan anggap penyakit orang tua ini bakal melewati anak-anak muda. 

Justru, banyak kebiasaan dari kita yang masih suka makan dan jarang beraktivitas di luar ruangan meningkatkan risiko terkena diabetes. Bukan sekarang, memang. Tapi nanti.

Kalau dipikir-pikir, penyakit ini katanya nggak mengenal jenis kelamin. Tapi kenapa cewek muda harus lebih aware dan consent mengenai penyakit ini? 

Soalnya, penyakit diabetes memengaruhi kesehatan pria dan wanita dengan cara yang berbeda. Health Line menulis, ini karena ada beberapa perbedaan pada sistem tubuh yang dimiliki kaum Hawa. 

 

Alasan Cewek Berisiko Besar Kena Diabetes

Pertama, karena cewek lebih sering menerima perawatan risiko kardiovaskular dan bebagai kondisi lain yang berurusan dengan diabetes. Meskipun perawatan ini nggak terlalu banyak diketahui orang, terutama cewek-cewek muda, tapi ternyata perawatan ini cukup penting. 

Selain itu, diabetes bukan penyakit yang berdiri sendiri dan mudah diketahui. Apa lagi pada penderita cewek. Maksunya, sebagian kasus pada pasien cewek muda lebih sulit untuk didiagnosa. 

Artinya, pada beberapa kasus, gejala yang timbul pada tubuh gadis-gadis kadang terlalu kompleks. Karena, gejala yang timbul bisa saja menunjukkan penyakit lain, menurut dokter. 

Jadi, dokter nggak langsung bisa tahu kalau kamu menderita diabetes. Bisa jadi, dokter mengira penyakit lain. Padahal, gejala tersebut sebenarnya merujuk pada diabetes. 

Tapi jangan salah paham dulu. Diagnosa yang nggak langsung akurat ini bukan karena salah dokernya, lho! Tapi gejala yang muncul pada pasien cewek lebih sulit didiagnosa oleh dokter karena alasan komplikasi tersebut. 

Jadi, diebetes yang selama ini kamu kira penyakit orang tua sebenarnya juga bisa menghantuimu, lho! Makanya, menjaga kesehatan sejak dini itu penting. 

Bukan demi langsing dan tampil seksi, tapi olahraga dan melakukan diet sehat itu penting untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Sehingga, setiap organ dalam tubuhmu berfungsi normal dan dapan menjalankan setiap sistem dengan baik. Semoga kita semua bebas dan jauh dari penyakit ini, ya! 

 

 

Karla Farhana, 

 

 

Editor Sex and Health Bintang.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading