Sukses

Lifestyle

Fakta Unik: Arapaima dan 5 Ikan Tawar Besar dan Terancam Punah

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu ikan Arapaima menyedot perhatian masyarakat Indonesia, setelah muncul dan ditangkap di perairan Sungai Brantas. Kemunculannya pun sempat membuat heboh, mengingat ukurannya yang besar.

Salah satu ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan tropis di Amerika Serikat ini bisa tumbuh sangat panjang dan besar lho! Di mana jenis ikan tersebut bisa tumbuh hingga tiga meter dengan berat 200 kilogram.

Bicara soal ikan arapaima, spesies ini tak boleh dilepas sembarangan, karena bisa merusak kelestarian sumber daya ikan, lingkungan dan manusia, seperti tertulis dalam Peraturan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

Selain itu, spesies yang dulu mendominasi Sungai Amazon ini jumlahnya terus menurun, karena penangkapan berlebihan. Nah selain arapaima, berikut ini adalah lima ikan air tawar yang memiliki ukuran raksasa dan juga hampir punah.

Ikan Pari Raksasa

Ikan pari air tawar ini bisa tumbuh hingga lebih dari 4 meter dengan berat mencapai 400 kilogram. Pari jenis ini biasanya ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara. Ekornya yang panjang dan kuat pun bisa melukaimu. Sayangnya, spesies ini kini terancam karena penangkapan berlebih dan pembangunan yang pesat.

White Sturgeon

Ikan air tawar terbesar di Amerika Utara ini, bisa tumbuh hingga 6 meter. Ikan white sturgeon ini masuk dalam jajaran ikan purba yang sudah mempertahanan bentuknya selama 175 tahun.

Ikan jenis ini pun menjadi salah satu tangkapan populer para nelayan dan ditangkap secara berlebihan, karena telurnya yaitu Caviar merupakan makanan mahal di dunia.

Nile Perch

Ikan yang berasal dari perairan tropis di Afrika ini bisa memiliki panjang hingga duaa meter dan berat 200 kilogram. Ikan ini pun masuk dalam deretan spesies yang hampir punah karena penangkapan yang berlebihan.

Pangasianodon Gigas

Ikan yang hidup di perairan Thailand ini bisa memiliki panjang hingga tiga meter dan mencapai berat sampai 200 kilogram. Sayangnya ikan ini ini terancam punah dan telah masuk dalam konservasi pemerintah setempat.

Goliath Tigerfish

Ikan yang bisa tumbuh hingga sepanjang 1,5 meter dan berat mencapai 50 kilogram ini berasal dari Sungai Basin Kongo, Lualaba, Upemba dan danau Tanganyika di Afrika.

Ikan air tawar ini punya gigi yang runcing dan menyeramkan, untuk mencabik mangsanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading