Sukses

Lifestyle

Jepang Punya Kelas dan Hari Libur Khusus untuk Atasi Masalah Fertilitas Nasional

Fimela.com, Jakarta Ada yang unik lagi dari Jepang. Ada kelas dan hari libur untuk laki-laki agar lebih menghargai istrinya. Kelas ini bernama Ikumen, tujuannya mengajarkan laki-laki agar bisa jadi ayah yang baik. Mereka diajarkan memandikan bayi, memperlakukan istri yang sedang hamil, dan sesederhana belajar memuji istri. Meski ditujukan untuk ayah, kelas ini justru menarik lebih banyak laki-laki belum menikah. Alasannya mungkin agar mereka dapat menarik perhatian perempuan atau pasangannya.

Bentuk apresiasi terhadap istri juga dituangkan pada “Hari Istri Tercinta”. Perayaan ini jatuh setiap bulan Januari dan sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Hari libur tersebut dicetuskan oleh Kiyo Yamana, founder Japan Aisaika Organization (Aisaika berarti mengagumi suami). Di “Hari Istri Tercinta”, laki-laki diberi ruang untuk mengapresiasi istri dengan cara berdiri di depan publik, berbicara dengan microphone, dan mengungkapkan betapa cintanya mereka terhadap istri.

Dikatakan, kelas Ikumen dan Hari Istri Tercinta merupakan salah satu cara Jepang mengatasi krisis fertilitas. Saat ini, negeri Sakura tersebut sedang mengalami masalah yang para ekonomis sebut “demographic time bomb”. Seperti yang kita tahu, etos dan budaya kerja di sana sangatlah tinggi, yang membuat ekonomi negara ini jadi terbesar ketiga di dunia. Sayangnya, kemajuan ekonomi berdampak pada rendahnya tingkat fertilitas, yang menyebabkan kemerosotan populasi dan digadang-gadang dapat menggoncang situasi ekonomi dalam negeri.

Norma kerja di sana betul-betul memengaruhi pola pikir masyarakatnya terhadap pernikahan. Sadar tidak sadar, kesibukan bekerja membuat mereka tak punya banyak waktu untuk berkencan atau memikirkan pernikahan. Anggapan kebutuhan finansial menjadi lebih tinggi setelah menikah dan memiliki momongan juga jadi alasan.

Artikel Selanjutnya
UNESCO Umumkan 7 Situs Warisan Dunia Terbaru di 2018
Artikel Selanjutnya
Inilah Penampakan Kereta Shinkasen Baru Bertema Hello Kitty di Jepang