Sukses

Lifestyle

Dikira Jerawat, Benjolan di Bibir Ternyata Tanda Penyakit Ini

Fimela.com, Jakarta Jerawat di wajah bukan cuma mengganggu penampilan, tapi juga kadang bikin pusing. Belum lagi jerawat besar yang kalau tersentuh sedikit saja rasanya sakit banget. 

Jerawat juga nggak cuma dihidung, pipi, kening, dan dagu, lho! Jerawat bisa saja tumbuh di kulit bagian manapun. Termasuk bibir. 

Jerawat yang dibibir, seperti jerawat lainnya, juga sangat mengganggu. Tapi, nggak banyak orang yang tahu kalau benjolan kecil pada bibir nggak selamanya jerawat, lho! 

Dilansir dari Wiki How, benjolan pada bibir bisa saja cold sore yang timbul karena adanya penyakit herpes simplex. Juga dikenal dengan fever blister yang merupakan lesi menyakitkan. Biasanya selain di bibir, juga muncul pada dagu, pipi, dan lubang hidung. 

 

Luka seperti ini memang mirip dengan jerawat. Health Line menulis, 50 persen orang Amerika yang berumur 14-49 tahun memiliki penyakit ini. 

 

Beda Cold Sore dengan Jerawat

Health Line menulis, secara kasat mata keduanya sebenarnya berbeda. Namun, banyak orang yang keliru. Karena itu, penting banget buat tahu perbedaannya. 

Kalau jerawat bisa tumbuh di mana saja, cold sore biasanya muncul pada bagian atas atau bawah bibir. Selain itu, cold sore biasanya gatal dan terasa panas. 

 

Tak Bisa Sembuh

Jerawat, kalau dirawat dengan benar dan telaten biasanya akan kempes atau pecah dengan sendirinya. Namun kalau cold sore tak akan pernah bisa sembuh, lho! 

Ruam dan juga lukanya sih bisa hilang dalam 2-4 minggu tanpa obat. Namun, herpes tipe 1 ini tak bisa disembuhkan. Bisa saja virus ini tertidur di dalam tubuh pasien dan tidak aktif. Namun virusnya masih tetap berada di dalam tubuh sang pasien. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading