Sukses

Lifestyle

Pertama Kalinya, Kontestan Miss Universe adalah Perempuan Transgender

Fimela.com, Jakarta Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Miss Universe diikuti oleh kontestan perempuan transgender. Kontestan tersebut adalah Angela Ponce. Perempuan transgender 26 tahun ini baru saja memenangkan gelar Miss Universe Spanyol dan akan berangkat mewakili negaranya ‘bertarung’ memperebutkan tahta Miss Universe 2018 mendatang.

Ia dapat mengikuti ajang kecantikan terbesar itu berkat keputusan Donald Trump 2012 silam. Seperti yang diketahui, Miss Universe Organization merupakan kepemilikan Trump saat itu. Presiden Amerika Serikat ini akhirnya membuka ajang ini untuk transgender setelah petisi yang dikeluarkan perempuan transgender Kanada bernama Jenna Talackova (yang kala itu berharap dapat berkompetisi di Miss Universe Kanada) ditandatangani oleh ribuan orang.

Di Instagram, Ponce mengungkapkan misinya untuk membawa nama negaranya. Ia ingin dapat menyampaikan pesan inklusivitas, saling menghargai, dan perbedaan tidak hanya untuk komunitas LGBTQ+, tapi juga semua orang di seluruh dunia.

Ini bukanlah kali pertama keikutsertaan Ponce di ajang kecantikan. Sebelumnya di 2015, perempuan asal Seville, Spanyol ini mengikuti Miss World Spanyol (yang tidak berkaitan dengan Miss Universe) namun belum beruntung membawa pulang mahkota kemenangan. Langkahnya kali ini di Miss Universe tentu mengukir sejarah, terutama bagi perempuan transgender.