Sukses

Lifestyle

Terlalu Lama Bekerja Dapat Tingkatkan Risiko Diabetes Pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Mengaku diri workaholic? Hati-hati, terlalu banyak bekerja dapat meningkatkan risiko diabetes. Dibuktikan oleh sebuah studi yang diterbitkan di jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care, perempuan yang bekerja lebih dari 45 jam dalam seminggu memiliki risiko diabetes 63% dibanding perempuan yang bekerja selama 35 – 40 jam seminggu.

Penelitian yang dilakukan selama 12 tahun kepada warga Kanada ini hanya menemukan efeknya pada perempuan. Hipotesisnya adalah bagaimana perempuan menghabiskan waktu luangnya. Karena saat tidak bekerja, mereka mengurus rumah dan merawat anak – yang dikategorikan bekerja juga. Jam kerja yang cenderung lebih panjang dari laki-laki inilah yang memicu stress dan berdampak pada kesehatan tubuh.

Peneliti juga mengatakan perempuan cenderung lebih dulu memikirkan orang lain dan kurang peduli dengan dirinya sendiri. Pola makan yang kurang tepat dan kurang tidur bagaimanapun merupakan beberapa faktor penyebab diabetes. Saatnya mengevaluasi kembali jam kerja kita untuk hindari risiko ini.