Sukses

Lifestyle

Latihan Pernapasan 5 Menit Ini Mampu Atasi Serangan Cemas Mendadak

Fimela.com, Jakarta Hendak presentasi, tampil di panggung, atau sekadar bertemu orang penting, wajar jika panik atau cemas. Apapun situasi dan keadaannya, jika rasa cemas tidak diatasi dengan baik, bisa-bisa mengacaukan momen dan rencana kita karena rasa cemas dapat mengganggu konsentrasi. Dan ada sebagian orang yang mudah sekali cemas, dan cemasnya bisa sangat berlebihan.

Untuk mengatasi cemas dan panik di setiap kesempatan, Mark Divine, pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat sekaligus founder organisasi fitness SEALFIT membagikan trik yang dipelajarinya selama berkarier. Trik dan cara ini disebut “box breathing”, yang menurut ilmu saraf sangat efektif memberikan relaksasi sekaligus konsentrasi. Asyiknya, bisa dilakukan dalam waktu 5 menit saja!

Caranya:

-          Keluarkan udara dari dada, kosongkan paru-paru selama empat hitungan.

-          Ambil napas selama empat hitungan.

-          Tahan udara di paru-paru selama empat hitungan. Saat tahan napas, jangan terlalu memaksakan atau menciptakan tekanan. Rileks saja meski sedang tidak bernapas.

-          Hembuskan napas secara perlahan selama empat hitungan.

-          Ulangi terus-menerus selama 5 menit untuk merasakan manfaatnya, seperti yang disarankan Divine.

Pada dasarnya, latihan pernapasan ini bisa dilakukan kapan saja, tidak harus dilakukan ketika sedang cemas atau panik. Di pagi hari, sebelum olahraga, sambil menonton TV, atau kapanpun bisa melakukannya, just do it. Divine juga menganjurkan “box breathing” dilakukan 10-20 menit dalam satu waktu. Dengan begini, tubuh jadi lebih tenang namun tetap fokus. Mau melakukan kegiatan apapun, yang menantang sekalipun, kita selalu siap tanpa dihantui rasa cemas berlebih.