Sukses

Lifestyle

5 Tanaman Ini Dapat Sejukkan Rumah di Musim Panas

Fimela.com, Jakarta Walau tinggal di lingkungan tropis, ada baiknya apabila kita membatasi penggunan AC atau kipas angin di dalam ruangan rumah. Meletakkan tanaman di dalam ruangan dapat menjadi alternatif untuk membuat membuat rumah lebih sejuk. Hal ini dikarenakan tanaman mengalami proses transpirasi dimana tanaman melepaskan air yang ada di dalam tubuhnya lalu mengubahnya menjadi uap air yang dapat menyejukkan ruangan. Dilansir dari HouseBeautiful.com lima tanaman ini dapat membantu menyejukkan rumah kita.

Dan di tengah trend hijau-hijau Instagram saat ini, selain menyejukkan, kehadiran tanaman hijau ini juga menjadi elemen dekor alias tanaman hias yang menarik. Apa saja tanaman yang bisa diboyong ke rumah?

Ficus Benjamina

Familiar dengan istilah weeping fig atau pohon beringin, ficus benjamina adalah salah satu tanaman hias yang cocok diletakkan didalam rumah. Hal ini dikarenakan, ficus benjamina dapat menjaga udara di dalam ruangan tetap lembab sehingga rumah dapat terasa sejuk. Walau begitu, harus dipastikan ficus benjamina selalu dalam kondisi yang basah terutama bila diletakkan di tempat yang terang.

Ficus Elastica

Ficus Elastica atau tanaman karet juga dapat meningkatkan kelembapan dalam ruangan. Semakin banyak dan besar daun yang dimiliki Ficus Elastica, maka tingkat kelembapan akan semakin tinggi dan ruangan semakin sejuk. Tanaman ini akan semakin lembap bila diberikan sedikit air dan diletakkan di tempat terang yang tidak terkena langsung matahari.

Chinese Evergreen

Tanaman yang memiliki 30 spesies ini, dikenal dapat membersihkan racun pada udara. Proses transpirasi yang tinggi juga membantu melembapkan udara di sekitarnya. Chineese evergreen dapat hidup dalam kondisi gelap dan sedikit air.

Palm

Beberapa tanaman palm atau palem yang memiliki daun hijau seperti reca palms, Fern palms, Livistona, Fishtail palm and Lady palm memiliki stomata kecil yang dapat mengambil CO2 dan mengeluarkan oksigen. Semakin besar daun yang dimiliki tanaman ini, semakin banyak oksigen yang bisa dihasilkan.

Tanaman dengan nama unik ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga proses transpirasinya menghasilkan uap yang dingin. Selain dapat membersihkan racun pada udara, mother in law’s tongue dapat diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Writer: Ayudya Annisa