Sukses

Lifestyle

Alami 3 Tanda Ini, Kamu Harus Segera Periksa ke Doketer Mata

Fimela.com, Jakarta Mata merupakan salah satu indera yang paling penting. Masalahnya, sedikit saja mata terganggu, pasti kamu jadi nggak nyaman penglihatannya. 

Karena itu, mata harus benar-benar kamu jaga. Bukan cuma supaya nggak minus, tapi juga biar sehat dan nggak terganggu fungsinya. 

Banyak orang yang sebenarnya sudah merasakan ada tanda-tanda gangguan kesehatan mata. Tapi sayangnya, banyak juga yang mengacuhkan gejala tersebut. 

Padahal, banyak gejala gangguan kesehatan mata yang subtle, alias bukan gejala parah. Tapi ternyata, gejala yang banyak orang bilang biasa saja justru bisa menunjukkan penyakit yang serius. 

Dilansir dari Women's Health Magazine, jangan abaikan gejala -gejala ini kalau sudah muncul. Malah, segeralah untuk pergi ke dokter mata untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih baik dan jelas. 

1. Kamu Melihat Bayangan Seperti Sarang Laba-laba

Kalau kamu melihat ke depan, lalu tiba-tiba kamu melihat ada sarang laba-laba. Padahal, nggak ada sarang laba-laba sebenarnya. Kamu cuma melihat seperti bayangan di depan mata. 

Biasanya, penglihatan seperti ini nggak bahaya. Tapi kalau bayangan menyerupai sarang laba-laba terus terjadi, kamu harus pergi ke dokter.

Soalnya, bisa jadi ini disebabkan karena retina dan pembuluh darah di mata robek. Apa lagi kalau ada penampakan seperti kilatan cahaya. 

2. Sakit Seperti Terbakar

Mata sakit seperti terbakar? Duh, jangan dibiarkan lama-lama! Soalnya, ini bisa saja salah satu gejala terjadinya inflamasi atau iritasi. Apa lagi kalau rasa terbakar tersebut juga diikuti dengan sensasi gatal. 

Hal ini bisa saja merupakan gejala dari blepharitis yang disebabkan oleh bakteria yang tinggal di kelopak mata. Selain itu, gejala ini juga bsia menunjukkan adanya inflamasi dan infeksi pada kelenjar minyak kelopak mata. 

3. Mata Merah dan Kering

Mata merah dan kering sebenarnya merupakan gangguan mata yang biasa dan nggak terlalu berbahaya. Tapi, ternyata kamu harus tetap waspada dengan mata merah dan kering. 

Soalnya, salah satu penyebab mata merah adalah pembuluh darah di sana sudah melebar. Hal ini bisa disebabkan oleh iritasi zat kimia, reaksi alergi, atau juga produksi air mata kurang. Kalau sudah menggunakan tetes mata tapi belu, juga membaik, lebih baik kamu pergi ke dokter. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading