Sukses

Lifestyle

Bintang Buffalo Boys Yoshi Sudarso Tekankan Pentingnya Aktor Punya Stunt Double

Fimela.com, Jakarta Menyambut film Indonesia baru bergenre laga, Buffalo Boys, FIMELA beruntung bisa berbincang dengan salah satu aktor utamanya. Aktor berusia 29 tahun, yang populer di tanah air karena membintangi serial Power Rangers di luar negeri, Yoshi Sudarso. Dari trailer yang sudah beredar, dan persis Rabu, 18 Juli 2018 ini, film ini diluncurkan ke publik, Buffalo Boys jelas adalah film Indonesia yang sangat berbeda. Ada pertumpahan darah, ada senjata, ada kostum ala Cowboy yang tidak dekat dengan budaya Indonesia asli.

"Film ini ber-set waktu di sekitar abad 19, dan karakter saya adalah seorang imigran yang pulang kembali ke tanah air.  Ada pertemuan banyak budaya di sana," buka Yoshi yang untuk tujuan pembuatan film ini, juga promosinya harus bolak-balik Amerika, Indonesia. Setidaknya Yoshi membutuhkan waktu 3 bulan untuk merampungkan film ini. Persiapan satu bulan, sebulan pengambilan gambar di Yogyakarta (di mana tim produksi secara khusus membangun set sebuah desa imajiner dari nol), dan sebulan di Batam.

Berperan sebagai Suwo, karakter yang lahir di Indonesia, pergi ke Amerika, tapi harus kembali lagi ke tanah air untuk sebuah misi, film ini nampak menjadi sebuah jodoh bagi Yoshi. Bukan hanya karakter yang punya latar belakang mirip, Yoshi bercerita dirinya adalah aktor terakhir yang bergabung dengan seluruh pemain, tapi tema cowboy di film ini punya hubungan erat dengan salah satu pekerjaan Yoshi di awal karier dunia hiburan profesionalnya di Amerika. "Saya sempat berperan sebagai cowboy di sebuah pertunjukkan panggung, harus berakting, juga melakukan stunt, termasuk gun sling (memutar-mutar senjata). Saya banyak mencoba gun sling, tapi berapa banyak yang kemudian muncul di film saya tidak tahu," tambahnya.

Mencoba banyak jenis olahraga, tidak heran aktor muda yang sudah menikah ini, punya tubuh fit yang tak jarang ia tunjukkan di feed Instagram. "Saya melakukan banyak jenis olahraga, rasanya yang saya tidak bisa cuma tennis," kelakarnya. Punya tubuh fit dan pantas untuk berperan di sebuah serial laga mungkin juga jadi alasan utama sampai akhirnya Yoshi kemudian terpilh memerankan Ranger Biru di serial Power Rangers Dino Charge dari 2015 hingga 2016 lalu.

Dan sebagai tambahan informasi, adik Yoshi, Peter Adrian Sudarso adalah seorang aktor yang juga berperan sebagai Power Rangers di serial Power Rangers HypeForce. Menurut IMDB, Yoshi sempat muncul di serial ini sebanyak 9 episode sebagai Green Ranger. Untuk negara yang sempat menayangkan Power Rangers di era 90an, keberadaan nama-nama asal Indonesia di film ini tentu jadi kebanggaan dan dengan cepat menjadi tajuk beritam utama di mana-mana.

"Di serial itu saya dibantu setidaknya 7 stunt double sepanjang masa produksi," cerita Yoshi yang juga mendapat bantuan stunt double di film Buffalo Boys. Sebuah pekerjaan yang juga sempat dilakukan Yoshi saat ia bergabung dengan proyek Maze Runner. Di film itu, Yoshi menjadi stunt double untuk aktor Ki Hong Lee. "Stunt double adalah profesi yang sering dipandang sebelah mata, karena jelas wajah mereka tak terlihat dan terlupakan begitu saja. Padahal peran mereka sangat penting dalam kelangsungan produksi sebuah film," jelas Yoshi dengan serius.

"Kita sebagai aktor yang punya posisi peran utama di film memang kebagian menunjukkan wajah, tapi peran para stunt double ini tak kalah penting. Bila seorang aktor memaksa melakukan stunt-nya sendiri, dan bisa saja ia terluka lalu membuat produksi film terhambat tentu akan merugikan. Fatalnya, sebagian orang bahkan bisa kehilangan pekerjaannya," sambung Yoshi. "Saya bersyukur saat ini ada di posisi yang bisa menjelaskan fakta itu," tambahnya.

 

"Film ini punya keindahan tersendiri. Sesuatu yang baru untuk film Indonesia. Ada banyak ledakan, laga, pertumpahan darah, tapi juga drama,' Jelas Yoshi yang sangat bersemangat untuk kembali ke Indonesia dan bekerja di film Indonesia pertamanya. Selain fakta bahwa ia sangat merindukan makanan Indonesia, ini film Indonesia pertama di mana ia menjadi bintang utama, dan juga akan menjalani penayangan perdana dengan skala besar. Sesuatu yang sangat ia syukuri dan nantikan. "Saya senang diterima dengan baik di negara ini. Karena di Amerika saya adalah imigran, dan saat saya kembali ke Indonesia, tentu ada orang yang akan melihat saya berbeda."

 

Foto: Windy Sucipto

Stylist: Wishnu Genu

Wardrobe: H&M

*Buffalo Boys turut dibintangi Ario Bayu, Pevita Pearce, Mikha Tambayong, Hanah Al Rasyid, Tio Pakusadewo. Dan merupakan film pertama Mike Wiluan sebagai sutradara. Ia sebelumnya menjabat posisi produser di film Headshot, Beyond Skyline, dan film Hollywood, Hitman: Agent 47.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim