Sukses

Lifestyle

Peringati Hari Anak Nasional, Ini Tips Jadi Orang Sukses dari BJ Habibie

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak kenal BJ Habibie, Presiden Indonesia ketiga yang dikenal sangat cerdas, bahkan kecerdasannya telah diakui dunia internasional. Nah, di Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli ini nggak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tips sukses dari pria kelahiran 25 Juni 1936 tersebut.

Dilansir dari Antara, Senin (23/7/2018), dalam peluncuran biografi ‘Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner’ di Perpustakaan Habibie Ainun di kediamannya, Jakarta Selatan, Habibie sempat membeberkan rahasia menjadi pintar. Menurut Habibie rahasia menjadi orang pintar versinya adalah dengan selalu berserah diri kepada Tuhan dan menggantungkan cita-cita setinggi langit.

“Saya tidak pernah bermimpi karena kalau mimpi biasanya ya cuma berakhir jadi mimpi-mimpi aja dan tidak bangun-bangun. Saya lebih memilih bercita-cita,” jelas Habibie. “Saya dari lahir, cuma butuh tidur empat jam, selebihnya yang 20 jam, pancaindera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya. Mungkin karena pancaindera saya sangat aktif itulah saat kecil saya sudah mulai bertanya-tanya dan kalau tidak bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan saya menangis,” ceritanya.

Lalu bagaimana supaya anak-anak Indonesia bisa meraih cita-citanya? Dilansir Vemale.com, BJ Habibie mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan anak Indonesia supaya apa yang dicita-citakan tidak hanya menjadi sekadar mimpi yang tidak bakal kesampaian. Menurutnya, yang pertama harus sehat.

“Sehat itu cukup gizinya, makanannya ada karbohidrat, protein, ada banyak sayur dan yang paling penting banyak minum air. Manusia yang banyak minum air, sampai seperti Eyang ini, 82 tahun, otaknya terus bekerja. Karena badan kita ini sebagian besar terdiri dari air, yang juga dibutuhkan otak," ujar Habibie saat ditemui di Perpustakaan Habibie & Ainun, di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Ya, di Hari Anak Nasional ini nggak ada salahnya untuk kita juga dapat mengingat pentingnya kesehatan dan sehat itu bukanlah sesuatu yang mahal atau sulit diraih, bukan? “Banyak minum air itu penting. Sebab manusia terdiri dari air. Saya dari bayi hingga umur 82 tahun tidak pernah malas minum air,” ungkapnya.

Ingin Sukses? Jangan Lupakan Pendidikan

Kalau sekadar ingin menjadi sukses, semua orang pasti ingin. Tapi, bagaimana caranya supaya kesuksesan tersebut tidak hanya angan-angan semata? BJ Habibie tidak pintar begitu saja, keingin tahuannya yang besar membuatnya hobi membaca buku, dari buku-buku itulah dia belajar banyak hal.

Ya, selain kesehatan menurut BJ Habibie, pendidikan dan pembudayaan penting untuk membuat kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. Tapi, menuruntnya tidak hanya sekadar bisa membaca, menulis atau berhitung, setiap orang yang ingin sukses harus memiliki pengetahuan agama, sosial dan budaya.

"Tapi yang tidak kalah dari pendidikan adalah pembudayaan. Pembudayaan itu pengaruh dari agamanya dan budayanya. Bagaimana dia menghadapi masyarakat, mendapatkan informasi terbaru tentang dunia. Itu semua hrs ada dalam anak2 mulai sedini mungkin," tutup ayah dari dua orang anak tersebut.

Camilan Favorit BJ Habibie

Menjalani hidup sehat adalah sebuah hal yang penting dan harus dijalani oleh setiap orang yang ingin sukses. Pola hidup sehat itu jugalah yang dilakukan oleh BJ Habibie setiap harinya, bukan hanya berolahraga, tapi ia juga menjaga setiap makanan yang akan dikonsumsinya. Kira-kira apa ya makanan atau camilan favorit BJ Habibie?

Beberapa waktu yang lalu, dalam akun Instagramnya, Rosiana Silalahi sempat membeberkan camilan favorit BJ Habibie yang tidak diketahui oleh banyak orang. Dalam video yang diunggah oleh akun @silalahirosi terlihat BJ Habibie tengah menikmati sajian kacang rebus. Yup, kacang rebus adalah makanan favorit BJ Habibie yang menyehatkan dan nggak mahal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading