Sukses

Lifestyle

Meski Banyak yang Nggak Suka, Ini 3 Manfaat Jahe Buat Kesehatan

Bintang.com, Jakarta Banyak orang yang tak suka dengan jahe. Selain karena terasa sangat hangat di tenggorokan, jahe memang memiliki bau yang khas. Kadang, bau inilah yang bikin sebagian orang nggak suka. 

Tapi, tahukah kamu kalau jahe sebenarnya sangat baik untuk kesehatan? Sejak zaman dahulu, tulis Prevention, jahe sudah digunakan untuk obat dan juga bumbu dapur. 

Biasanya, jahe digunakan untuk meredakan panas dalam dan juga batuk yang sudah lama nggak sembuh-sembuh. Jahe juga sering dibuat miuman tradisional seperti teh jahe, jamu, dan lain-lain. 

Seiring dengan perkembangan zaman, jahe juga kemudian dibuat menjadi permen yang katanya bisa mengurangi radang tenggorokan atau sakit tenggorokan. Tapi sayangnya, permen jahe ini mengandung banyak gula pasir untuk membuat permen menjadi lebih manis dan enak. 

Padahal, penggunaan jahe yang pure tanpa gula dan proses jauh lebih baik. Karena, Prevention menulis, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat jahe dilansir dari Liputan6 dan Prevention. 

Perbaiki Pencernaan

Pencernaan merupakan pusat dari kesehatan. Ketika pencernaan terganggu, organ dan sistem tubuh lainnya pun juga bisa ikut tergaggu. Makanya, menjaga kesehatan pencernaan itu peting, girls. 

Untuk meningkatkan fungsi usus, kamu bisa meminum air rebusan jahe di pagi hari. Ketika usus aktif, usu lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. 

Antioksidan

Ada banyak racun di dalam tubuh. Untuk mengeluarkannya, kamu butuh detoksifikasi. Nah, jahe ini mengandung antioksidan yang bisa memperbaiki kerja jantung dan melawan penyempitan arteri. 

Sehingga, jahe pun sering digunakan untuk melancarkan peredaran darah. 

Mengurangi Pembengkakakn

Jahe sebagai obat nggak selamanya diminum. Jahe kadang uga digunakan untuk pembengkakan di luar. Misalnya, kamu jatuh dan akhirnya kaki menjadi bengkak. 

Nah, kamu tinggal bubuhi bagian yang bengkak dengan parutan jahe. Rasa panasnya di kulit akan membantumu merasa lebih nyaman dan mengempiskan bengkak tersebut. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta