Sukses

Lifestyle

Makan Es Krim Langsung Brain Freeze, Apa yang Terjadi pada Otak?

Fimela.com, Jakarta Es krim memang sangat nikmat dimakan saat cuaca sedang terik. Namun, ketika kamu sedang menikmati es krim yang lezat, kadang kamu akan merasakan brain freeze. 

BACA JUGA

 

Dilansir dari Science Daily, brain freeze terjadi ketika kamu makan es batu atau es krim dengan cepat. Sebenarnya, brain freeze merupakan reaksi yang mirip dengan sakit kepala. 

Bedanya dengan sakit kepala biasa, brain freeze terjadi sangat cepat. Tap juga bakal hilang dengan cepat juga. Dilansir dari sumber yang sama, hal ini ternyata sangat normal dan bisa terjadi pada siapa saja. 

"Mulut kita sangat penuh dengan pembuluh darah. Termasuk bagian lidah. Karena perubahan temperatur di mulur saat makan es terjadi sangat mendadak dan cepat, tubuh kemudian menunjukkan sebuah reaksi," kata ahli saraf dari Wake Forest Baptist Medical Center, Dwayne Godwin, Ph.D.. 

Perubahan suhu di bagian mulut ini sebenarnya nggak terjadi pada lidah seperti banyak orang pikir. Soalnya, ketika kamu menjilat es krim dengan cepat, brain freeze nggak akan terjadi. 

 

 

Reaksi Terjadi di Tenggorokan

Karena, reaksi ini bakal muncul ketika es batu atau es krim masuk ke area belakang tenggorokan, tepatnya di persimpangan arteri karotid internal. Daerah ini memang banyak pembuluh darah yang langsung mengantarkan darah ke otak. 

Selain itu, juga ada pembuluh cerebral anterior di mana sudah masuk ke bagian otak. Karena itu, brain freeze terjadi. Namun, hal ini nggak berbahaya, kok! Cuma, kamu sebaiknya makan es batu dan es krim dengan perlahan agar hal ini tak lagi terjadi. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading