Sukses

Lifestyle

Curhat Pembaca: Solusi Menghadapi Pasangan Super Sibuk dan Cuek

Fimela.com, Jakarta Dari: Tania Savira

Hai kak, aku mau tau dong solusinya ngadepin pasangan yang super sibuk dan cuek itu gimana ya, sering kali aku ngambek sama dia tapi dia malah nyikapinya cuek begitu aja. Terimakasihūüėä

***

Dear Tania,

Dia sibuk karena apa? Apa yang dia lakukan? Seberapa sibuk dia menurutmu? Apa yang kamu harapkan darinya?

Pertama-tama, kamu harus bisa merumuskan keadaan dulu menjadi variabel-variabel seperti itu agar kamu mudah menguraikan masalah serta menemukan solusinya. Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut satu persatu dulu.

Sibuk kuliah atau kerja memang bisa jadi alasan untuk membuat seseorang bersikap cuek. Tapi cuek itu tidak selalu berbanding lurus dengan isi hatinya.

Kalau kamu merasa dicuekin karena dia memiliki kesibukan sendiri itu soal prioritas. Apa yang dia kerjakan berarti menduduki posisi lebih tinggi dalam skala prioritasnya dibanding kamu atau hubungan kalian. Tapi sekali lagi, cuek itu tidak selalu berbanding lurus dengan isi hatinya. Dia cuek padamu, bukan berarti tidak sayang.

 

Jangan Bersikap Kekanakkan

Ngambek saat dia cuekin kamu karena kesibukannya itu contoh sikap kekanakan, dan tentu saja tidak menyelesaikan masalah. Dalam kondisi seperti itu, kamu harus memulainya dengan mengerti dia. Mengerti kalau saat ini prioritasnya memang bukan untuk memberimu perhatian sepenuhnya. Kalau kamu mau jadi pasangan yang baik, buktikan kalau kamu siap mendukung dia.

Kalau kamu ingin dia lebih perhatian, tunjukkan dulu padanya bagaimana caranya memberi perhatian; kamu harus lebih dulu perhatian padanya. Biar apa yang kamu beri yang 'menyentuh' dia perlahan sampai dia tergerak untuk berubah dengan sendirinya. Sebab perhatian itu tidak bisa diminta, apalagi dipaksa.

Ajarkan Dia Jadi Lebih Perhatian

Kalau kamu sudah bisa menunjukkan padanya cara memberikan perhatian, kalau kamu sudah memberi contoh perhatian macam apa yang kamu butuh dari dia, kamu sudah menciptakan kondisi yang cukup kondusif untuk mulai mengubah keadaan dengan cara lain, yakni berkompromi.

Karena kamu sudah menunjukkan padanya kamu tetap melakukan yang terbaik untuk hubungan kalian di situasi ini, kamu bisa mengajak dia untuk melakukan hal yang sama. Di sini kalian bisa berkompromi. Mungkin dia tak sepenuhnya memberimu perhatian yang diminta, tapi setidaknya kalian bisa sama-sama menyepakati batas antara cuek dan perhatian yang aman bagi kalian.

Begitu kira-kira, Tania. Pasangan yang cuek tidak bisa dibalas dengan adegan ngambek-ngambekan. Yang ada kamu malah keki sendiri karena ternyata dia juga tetap pada sikap cueknya. Lebih baik, kamu lakukan hal-hal yang disebutkan tadi, ya. :)

 

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading