Sukses

Lifestyle

Kencangkan Vagina Usai Melahirkan, Begini Cara Lakukan Kegel yang Benar

Bintang.com, Jakarta Ibu yang habis melahirkan akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Selain membutuhkan olahraga dan diet sehat untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula yang kencang dan langsing, perubahan juga terjadi pada area kewanitaan. 

Tapi, perubahan ini hanya akan terjadi kalau kamu melahirnya dengan proses normal. Proses melahirkan yang berat, ketika bayi keluar, akan membuat otot-otot vagina mengendur. 

Hal ini, tulis Baby Center, bukan cuma akan mengubah 'rasa' pada saat bercinta dengan pasangan, tetapi juga akan membuatu sulit untuk menahan buang air kencing. 

Pasalnya, otot pelvis yang mengontrol air seni kehilangan kekuatan seperti sebelum melahirkan. Biasanya, ibu yang habis melahirkan mengalami leaking atau tak bisa menahan buang air kecil pada saat batuk, bersin, dan bahkan tertawa. 

Tapi jangan khawatir. Hal ini bisa kamu atasi dengan melakukan senam atau latihan kegel. Baby Center menulis, banyak ibu-ibu muda yang salah saat melakukan latihan kegel ini. Berikut cara yang tepat dan benar, agar otot vagina dan pelvis kembali kencang. 

Gimana Cara Lakukan Latihan Kegel?

Performing Kegels with 2 Progressions!.... To begin this pelvic strengthening exercise, start by taking a DEEP breathe in through your diaphragm. If you listen to the video you can hear me taking a deep breath in first......Step 2: on your exhale, draw your hips up like you are 'holding in your pee'......Step 3 hold this movement for 10 seconds while breathing short breaths. You can repeat this 10x for 10sec holds each day.....Here I'm showing you two progressions. Progression 1 is lifting one knee up while keeping your pelvis contracted and Progression 2 is lifting both knees up while keeping your pelvis contracted......You must be able to keep your pelvis stable first before adding in any progressions!..... Now go give them a try! #buildyourfoundation #kegelexercises #pelvicfloor #pelvicstability #strongmoms #postpartumfitness #fran_health

A post shared by Frances Jardine (@fran_health) on

 

Untuk memulai latihan kegel, kamu harus pipis dulu. Mengosongkan kantung kemih itu lebih baik agar nggak ada leaking yang terjadi pada saat latihan nanti. 

Kemudian, kamu bisa duduk atau melakukannya pada posisi rebahan di atas matras atau lantai. Kemudian, dengan kedua lutut ditekuk, cobalah untuk membayangkan kamu menahan pipis. 

Hitung hingga beberapa detik, lalu lemaskan otot. Sensasi ini mungkin belum bisa kamu rasakan pada awal-awal latihan. Apa lagi kalau kamu masih pemula. Namun, dengan latihan yang rutin, lama-lama kamu bakal tahu di mana otot kegel itu berada dan bisa lebih fokus menggerakkan dan mengontrol otot tersebut. 

Seberapa Sering Kamu Harus Lakukan Latihan Kegel?

Kalau kamu masih pemula, kamu bisa melakukannya beberapa kali dalam satu hari. Nah, ketika dirasa otot semakin kuat, kamu bisa meningkatkan jumlah latihan setiap harinya. 

Setiap kali kamu menahan otot kegel, seperti saat menahan kencing, usahakan untuk menahannya selama 10 deitk. Kalau sudah terbiasa dengan latihan ini, kamu bisa melakukan 2 set setiap harinya. Satu set 3 kali latihan dengan masing-masing 10 detik menahan kontraksi otot kegel. Selamat mencoba!

;
Loading