Sukses

Lifestyle

Wajah Nampak Berbeda Saat di Foto dan Bercermin, Ini Alasannya

Jakarta Pernah merasakan wajah kita berbeda pada saat foto dan bercermin? Baik selfie atau meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto, hasilnya tetap akan terlihat sedikit berbeda dibandingkan pada saat bercermin. Hal ini bisa cukup mengganggu karena membuat ekpektasi yang kita miliki terhadap hasil foto tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Guna mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, berikut ini adalah penjelasannya melansir dari huffingtonspost.com Selasa (31/7/2018).

1. Kita berharap banyak dengan gambar di cermin

Nolan Feeney menjelaskan dalam artikel Atlantik 2014, ketika melihat diri kita secara terbalik dengan menggunakan kamera, gambar yang didapatkan akan menjadi sedikit aneh karena sebagian karena wajah kita tidak simetris sempurna. Selain itu, noda-noda yang ada di wajah juga tidak akan tertutupi di foto, berbanding terbalik dengan cermin yang mampu menyembunyikannya.

"Orang-orang dewasa yang melihat dirinya di cermin dan meyakini bahwa hal tersebutlah yang juga dilihat oleh semua orang, padahal yang benar-benar terjadi adalah kebalikannya yang tidak seuai harapan dan aneh," kata Jay Perry, seorang fotografer Kanada yang tinggal di Hamilton, Ontario. "Cermin adalah sejenis benda kebohongan."

1 dari 2 halaman

2. Kita lebih menyukai wajah yang familiar

Frekuensi kita bercermin tentu lebih banyak dibandingkan berfoto. Hal tersebut secara tidak sadar membuat kita lebih menyukai wajah yang sering kita lihat. Bahkan teori eksposur mengatakan bahwa sesuatu yang terjadi secara berulang dapat membuat kita lebih menyukainya. “Melihat tampilan diri sendiri di cermin menciptakan kesan yang kuat dan akrab. Keakraban tersebut kemudian menghasilkan sebuah kesukaan. Kemudian secara tidak sadar telah menetapkan preferensi untuk tampilan wajah," jelas Pamela Rutledge, Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, mengatakan kepada The Atlantic pada tahun 2014.

3. Berkaitan dengan Teknik Penggunaan

Perbedaan lensa kamera yang digunakan maka akan memberikan hasil foto yang berbeda pula. Bagi orang yang ingin terlihat lebih ramping, dapat memilih lensa yang lebih panjang karena "semakin pendek lensa, maka hasilnya akan membuat wajah terlihat lebih lebar," ucap Perry. (Kiki Novilia)

Sumber: liputan6.com

Artikel Selanjutnya
Sedang Trend, Pose ala Kaki Barbie untuk Kesan Lebih Jenjang di Instagram