Sukses

Lifestyle

Satelit Merah Putih Resmi Diluncurkan, Netizen Ungkapkan Kebanggaannya di Twitter

Fimela.com, Jakarta Satelit Telkom 4 atau yang dikenal juga dengan sebutan Satelit Merah Putih milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah meluncur ke orbit bersama SpaceX Falcon 9, dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat sekitar pukul 12.18 WIB. Usai berhasil meluncur di media sosial Twitter banyak netizen yang mengungkapkan rasa bahagia dan kebanggaannya.

Buat kamu yang belum tahu, dilansir dari Liputan6.com, Rabu (8/8/2018) Satelit Merah Putih dibangun dengan melibatkan dua perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit dan Space X, perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit. Satelit Merah Putih tersebut nantinya akan digunakan sebagai satelit komunikasi yang memperkuat operasi satelit Telkom-2 dan Telkom 3S.

Satelit Merah Putih sendiri memiliki kapasitas 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang nantinya akan melayani wilayah Indonesia dan Asia tenggara.

Lalu berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat Satelit Merah Putih? Biaya yang dikeluarkan memang tidaklah sedikit, pembuatan Satelit Merah Putih membutuhkan biaya Rp2,4 triliun. Tapi, ternyata biaya tersebut lebih murah dibandingkan dengan biaya Telkom 3S, yakni Rp3,11 triliun.

Dan di bawah ini adalah ungkapan kebahagiaan serta rasa bangga netizen atas peluncuran satelit merah putih…

Sebelum diluncurkan, Direktur Utama Telkom Indonesia Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini M Soemarno sempat meninjau Satelit Merah Putih di Negeri Paman Sam. Peninjauan dilakukan pada akhir Juli lalu.

"Kita semua berharap, Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Rini dalam keterangan resmi Telkom yang Tekno Liputan6.com kutip, Selasa (7/8/2018).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading