Sukses

Lifestyle

Prancis Tetapkan Tindakan Hukum untuk Catcalling

Fimela.com, Jakarta Pernah digoda oleh laki-laki asing di jalan? Catcalling adalah bentuk pelecehan seksual yang dilakukan orang asing di tempat umum. Biasanya berupa ucapan atau gestur, seperti dipanggil “cantik”, disiul, atau digoda. Aksi seperti ini terbilang sudah biasa, terutama oleh laki-laki terhadap perempuan. Namun sudah jadi sikap yang sangat mengganggu. Biasanya catcalling hanya dibiarkan saja, sekarang tidak lagi, karena ada undang-undang yang mengatur aksi tidak menyenangkan ini.

Di Prancis, catcalling sudah dikategorikan sebagai aksi ilegal. Pemerintah Prancis telah membuat undang-undang untuk mengatur larangan catcalling di jalanan. Menteri Muda Prancis untuk Kesetaraan Gender, Marlène Schiappa, menegaskan hukum ini berlaku bagi siapapun yang melakukan aksi asusila di jalan atau tempat umum. Hukuman berupa denda hingga €750.

Selain Prancis, Belgia juga sudah memberlakukan undang-undang catcalling. Di Indonesia sendiri belum ada hukum yang mengatur tindakan catcalling secara khusus. Mudah-mudahan ke depannya akan ada hukum serupa sehingga tidak ada lagi tindak pelecehan seksual yang mengganggu dan bahkan membuat trauma.

Artikel Selanjutnya
Kotak Penyimpan Piala Dunia Dibuat Oleh Louis Vuitton, Kemenangan Prancis Jadi Kebetulan Manis
Artikel Selanjutnya
Hampir Dilecehkan, Begini Reaksi Jurnalis Wanita Piala Dunia 2018
: