Sukses

Lifestyle

Begini Keindahan Taman Nasional Bunaken

Bintang.com, Jakarta Taman Nasional Bunaken menghiasi halam utama situs pencarian Google pada Selasa (14/8/2018). Bukannya tanpa sebab, dilansir dari situs resmi Google.com, Rabu (15/8/2018), kemarin adalah tepat 27 tahun yang lalu kekayaan alam Bunaken dipetakan oleh pemerintah Indonesia sebagai kawasan taman laut yang dilindungi.

Dilansir dari Sulutprov.go.id, Bunaken adalah sebuah pulau dari 8 km², bagian dari Taman Laut Nasional Bunaken. Bunaken terletak di ujung utara pulau Sulawesi, Indonesia. Setidaknya sejak 1991 sudah ditemukan 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang bisa terlihat di Taman Nasional Bunaken.

Beberapa jenis ikan yang bisa dilihat antara lain akoi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), dan lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira). Nggak heran jika Bunaken menjadi surga para traveler yang hobi scuba diving.

Sudah sejak lama Taman Nasional Bunaken dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk scuba diving. Ada sekitar 20 titik yang bisa digunakan untuk penyelaman, di mana kamu bisa melihat keindahan bauh laut ditemani dengan biota laut yang mempesona. Dan siapa tahu kamu juga beruntung bisa melihat salah satu penghuni Bunaken yang termahsyur, yakni penyu sisik Hawksbill.

Dilansir dari Indonesiakaya.com, smelalui Pantai Kalase, Taman Nasional Bunaken juga dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas yang memakan waktu sekitar 20 menit, dan dari Marina Blue Banter dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan kapal pesiar. Jika berangkat dari pelabuhan Manado, bisa menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen yang dapat ditempuh sekitar 20 menit, ke pulau Bunaken sekitar 30 menit, ke pulau Montehage sekitar 50 menit, dan ke pulau Nain sekitar 60 menit.

Potret Keindahan Taman Nasional Bunaken

Penasaran dengan keindahan Taman Nasional Bunaken? Sebelum benar-benar berkunjung ke tempat wisata yang memiliki luas 89.065 hektare tersebut tidak ada salahnya untuk kamu melihat beberapa postingan masyarakat dunia maya yang sudah lebih dulu ke Taman Nasional Bunaken.

#1

#2

#3

#4

#5

Banyak kegiatan wisata bahari yang dapat dilakukan di Taman Nasional Bunaken, mulai dari diving, snorkeling, berjemur dan berenang di laut.

;
Loading