Sukses

Lifestyle

Kenali Penyakit Gastric Virus yang Bikin Pink Dirawat di Rumah Sakit

Fimela.com, Jakarta Pink, pada Minggu malam (12/8), masuk rumah sakit. Meski tak lama, namun ternyata penyakit yang diderita pelantun lagu Just Give Me a Reason yang memiliki nama asli Alecia Beth Moore ini menderita Gastric Virus. 

Akibatnya, People mewartakan, Pink terpaksa harus membatalkan konsernya di Sydney, Australia. Usai keluar dari rumah sakit, Live Nation mengabarkan lewat Twitter kalau Pink menderita Gastric Virus. 

Nama penyakit ini mungkin jarang didengar orang. Namun, ternyata penyakit ini cukup sering menyerang, baik anak-anak dan juga orang dewasa. 

Nama lainnya, tulis Mayo Clinic, Stomach Flu. Sebenarnya, penyakit ini merupakan infeksi pada usus. Biasanya, gejala yang paling umum adalah diare cair dan berbusa, sakit perut, mual-mual, dan juga muntah. Kadang, juga muncul demam. 

Penyakit yang menimpa Pink ini menular, lho! Tapi, seorang pasien juga bisa menderita penyakit ini karena memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi sebuah virus. 

Dua Jenis Virus yang Jadi Penyebab

Mayo Clinic menulis, ada dua jenis virus yang bisa menyembabkan Gastric Virus. Pertama, noroviruses yang bisa menginfeksi anak-anak dan juga orang dewasa. Virus ini dengan mudah bisa pindah ke orang lain, terutama ke anggota keluarga dan orang-orang yang dekat dengan pasien. 

Nah, virus kedua, Rotavirus. Virus ini paling banyak menyerang anak-anak. Biasanya, balita yang belum mengerti sering memasukkan jarinya yang kotor ke dalam mulut. 

Berbahayakah?

Penyakit ini bisa membahayakan nyawa kalau nggak ditangani dengan baik dan cepat. Soalnya, karena salah satu gejalanya diare, cairan tubuh bisa saja sangat sedikit. Sehingga, penyakit ini juga bisa berbahaya. 

Pada orang dewasa yang memiliki sistem imun yang baik, bisa saja nggak memiliki gejala. Tapi, virusnya masih bisa tersebar ke orang lain. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading