Sukses

Lifestyle

Siapakah Paskibraka Pembawa Baki di HUT RI ke-73?

Bintang.com, Jakarta Sebanyak 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/8/2018) siang, di Istana Negara, Jakarta. Para anggota Paskibraka yang terpilih tersebut merupakan pelajar SMA dan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Ke 68 anggota Paskibraka tersebut nantinya akan memiliki tugas masing-masing sesuai dengan formasi Paskibraka yang terdiri dari tiga formasi. Pasukan 17 menjadi formasi Paskibraka yang pertama di mana di formasi tersebut nantinya akan ada 17 anggota Paskibraka muda yang bertugas sebagai pengiring.

Lalu formasi kedua, ada pasukan delapan yang terdiri dari delapa orang Paskibraka muda, yakni lima putri dan tiga putra yang nantinya bakal dikawal oleh anggota ABRI atau polisi. Delapan Paskibraka muda yang berada diformasi kedua tersebut merupakan pasukan inti.

Selanjutnya formasi ketiga, yaitu pasukan 45 terdiri dari anggota ABRI atau polisi, mereka bertugas sebagai pengawal. Ketiga formasi tersebut, yakni 17, 8, dan 45 adalah representasi dari hari proklamasi Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945. Lalu siapakah pasukan Paskibraka yang akan bertugas membawa baki?

Pembawa baki Bendera Pusaka memang selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bisa dibilang kalau pembawa baki merupakan pasukan Paskibraka yang akan paling terlihat nantinya. Jadi, nggak heran kalau banyak yang penasaran siapa petugas pembawa baki pada HUT RI ke-73 nanti.

Pembawa Baki Bendera Pusaka Ditentukan Saat Hari H

Dilansir dari Antara, Kamis (16/8/2018), pembawa baki Bendera Pusaka saat upacara peringatan HUT RI ke-73 akan ditentukan saat hari H penyelenggaraan upacara yang akan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Pemilihan pembawa baki akan dilakukan pada hari H jam 07.00 pagi,” jelas Pembina Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional 2018 Suyitno kepada Antara di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Suyitno menjelaskan bahwa panitia akan memilih siswa atau siswi yang memiliki prestasi dan kemampuan yang terbaik sebagai petugas pembawa baki Bendera Pusaka. Dan setiap Paskibrakan memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih. “Karena semua diberikan pelatihan yang sama dan diberikan peluang yang sama,” jelas Suyitno.

Presiden Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka

“Dengan mengucap bismilahirrohmanirrohim, pada hari ini, saya mengukuhkan saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2018,” ujar Presiden Jokowi saat resmi mengukuhkan 68 anggota Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera pusaka di Istana Merdeka pada 17 Agustus mendatang.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara ini," lanjut Presiden Jokowi.

Loading