Sukses

Lifestyle

Wajib Coba, Tiga Menu Daging Kambing Enak untuk Idul Adha. Penasaran?

Fimela.com, Jakarta Idul Adha merupakan waktunya menikmati daging kambing bersama keluarga tercinta. Namun, apakah Anda pernah merasa bosan makan menu daging kambing yang itu-itu saja setiap tahunnya? Kalau iya, maka sebaiknya Anda memanfaatkan momen Idul Adha tahun ini untuk mencoba menu baru.

Daging kambing dapat diolah dalam berbagai bentuk masakan. Anda bisa menjadikannya makanan berkuah seperti gulai, menggorengnya, atau membakarnya jadi sate. Sesuaikan saja dengan selera Anda dan keluarga.

Sebagai referensi, ada tiga menu daging kambing yang bisa Anda coba nih. Mari kita bahas satu-satu yuk!

1. Iga kambing masak petis

Bagi Anda yang senang makanan berkuah tapi sudah bosan dengan gulai kambing, tahun ini Anda bisa coba membuat iga kambing masak petis. Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuatnya ialah 500 gram iga kambing yang telah dipotong sesuai ruasnya, dua liter air, empat lembar daun jeruk, satu sendok makan beras sangrai, empat sendok makan petis udang, tiga sendok makan kecap manis, dua sendok makan.

Adapun bumbu yang dibutuhkan ialah 10 butir bawang merah, enam siung bawang putih, tiga buah cabai merah, dua cm kunyit, tiga butir kemiri, satu sendok makan ketumbar butiran, dua cm kencur, satu sendok teh terasi bakar, dan satu setengah sendok teh garam.  Ulek bumbu jadi satu hingga halus.

Apabila bahan dan bumbu sudah siap, rebus iga kambing hingga matang. Lalu, masukkan bumbu-bumbu halus dan daun jeruk. Masak hingga iga empuk dan bumbu meresap. Selanjutnya, tambahkan beras yang telah dihaluskan, petis, kecap manis Bango, dan  gula merah. Aduk rata dan lanjutkan hingga kuah mengental. Nikmati selagi hangat.

2. Kambing masak asam pedas

Menu enak lain yang bisa Anda coba adalah kambing masak asam pedas. Campuran rasa asam dan pedasnya mampu membuat Anda ketagihan.

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan 1 kg iga kambing potong, dua liter air, lima sendok makan Kecap Manis Bango, dua batang serai, tiga lembar daun salam, satu ibu jari lengkuas, satu sendok makan asam jawa yang telah disaring, dan empat sendok makan minyak. Selain itu, siapkan pula bumbu sambal kecap yang terdiri dari tiga cm jahe, dua cm kunyit, setengah sendok teh lada, dua sendok teh garam, empat siung bawang putih, enam butir bawang merah, lima buah cabe merah keriting, lima butir cabe rawit, empat butir kemiri, satu buah tomat, dan satu sendok teh gula pasir.

Cara masaknya, rebus iga hingga setengah lunak. Kemudian, tumis bumbu yang dihaluskan, lengkuas, salam, dan serai hingga harum. Lalu, masukkan iga kambing dan masak hingga berubah warna serta iga kambing menyatu dengan bumbu. Masukkan air dan biarkan mendidih. Selanjutnya, tambahkan Kecap Manis Bango dan air asam. Masak dengan api kecil hingga iga lunak. Supaya makin lezat, sajikan masakan yang sudah matang dengan emping.

3. Kambing goreng sambal kecap

Nah, kalau lagi ingin makan yang manis-manis, Anda patut mencoba menu satu ini. Cara membuatnya pun tak sulit. Pertama-tama, siapkan bahan berupa 500 gram daging kambing dan potong dadu, satu sendok teh garam, empat cm jahe parut, satu setengah sendok teh merica putih bubuk, tiga sendok makan kecap manis Bango, dua siung bawang putih dan cincang halus, serta tiga sendok makan margarin.

Kemudian, lumuri daging kambing dengan garam, jahe, merica, bawang putih, dan kecap manis Bango. Diamkan selama 30 menit. Panaskan margarin di atas wajan datar anti lengket. Masukkan daging kambing beserta bumbu, lalu masak hingga daging matang dan empuk. Terakhir, nikmati dengan nasi putih dan sambal kecap bersama keluarga.

Jadi, menu apa yang kira-kira ingin Anda coba? Menu apapun yang Anda pilih, pastikan Anda memasaknya dengan benar sehingga daging kambing bebas bau 'prengus'. Caranya, rendam daging kambing selama satu jam dengan campuran bawang merah, bawang putih, ketumbar, asam, lada, dan kecap manis Bango.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kecap manis yang kental, manis, enak, dan terbuat dari bahan alami berkualitas, seperti Kecap Manis Bango. Dengan begitu, cita rasa masakan daging kambing benar-benar akan terasa nikmat. Kecap Manis Bango terbuat dari bahan alami yaitu kedelai hitam Mallika, gula kelapa, air, dan garam yang tentunya berkualitas tinggi

Apabila Anda masih ingin mencari inspirasi menu lainnya, Anda juga bisa menemukan banyak Inspirasi Idul Adha Bango dari situs web Bango. Ada banyak sekali resep dan tips memasak daging kambing di sana. Yuk, nikmati manisnya Hari Raya Kurban bersama Bango! #ManisnyaIdulAdhaBango

 

 

(ADV)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading