Sukses

Lifestyle

Bukan Tari Saman, Ini Tari Ratoh Jaroe yang Ada di Pembukaan Asian Games 2018

Bintang.com, Jakarta Opening Ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Sabtu (18/8/2018) hingga kini menyita perhatian publik, terutama tarian Saman. Ya, banyak orang yang mengira kalau tarian yang menjadi pembuka Asian Games 2018 tersebut adalah Tari asal Aceh, Saman, tapi ternyata bukan lho.

Ternyata tarian yang dibawakan oleh 1.600 penari perempuan dari SMA se-DKI tersebut adalah tarian Ratoh Jaroe (Ratoeh Duek) yang juga berasal dari Aceh. Berbagai penjelasan soal tarian Ratoh Jaroe yang menjadi pembuka di Asian Games 2018 kini pun banyak terlihat di media sosial.

Dalam sebuah foto yang diunggah ke Twitter dijelaskan perbedaan tarian Ratoh Jaroe dan tari Saman. Di bawah ini adalah postingan soal perbedaan tari Saman dengan tari Ratoeh Jaroe.

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari Suku Gayo, orang-orang yang mendiami dataran tinggi di Aceh Tengah dan beberapa wilayah di Aceh. Sedangkan Ratoeh Jaroe merupakan tari kreasi Aceh berupa gabungan dari Saman, Ratoeh Duek, Likoek Puloe, ratep Meuseukat dan Ratoeh Bantai.

Meski berbeda, namun Saman dan Ratoh Jaroe memiliki esensi yang serupa, yakni soal pendidikan, sopan santun, keagamaan, kekompakan, kepahlawanan dan kebersamaan. Kedua tarian tersebut memang lebih sering muncul saat acara adat maupun keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Video Tari Ratoh Jaroe yang Jadi Pembuka Asian Games 2018

Meskipun pembukaan Asian Games 2018 telah usai, tapi video-video yang memperlihatkan suasana atau pun kemeriahaannya masih dapat disaksikan dalam sejumlah potongan video yang kini banyak beredar di media sosial. Salah satu video yang paling banyak menarik perhatian tersebut adalah tari Saman. Di bawah ini videonya.

Meskipun diketahui bahwa ternyata tari tersebut bukanlah tari Saman, melainkan tari Ratoh Jaroe. Ribuan pelajar SMA melakukan tarian dengan sangat kompak, sambil menari gerakan yang seragam, para penyanyi juga menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Assalamu’alaikum”.

Jika dilihat dari atas formasi para penari mengalami beberapa kali perubahan, termasuk memperlihatkan bendera Indonesia yang tengah berkibar.

Loading