Sukses

Lifestyle

Seperti Defia Rosmaniar, Ini 3 Alasan Cewek Harus Belajar Taekwondo

Bintang.com, Jakarta Defia Rosmaniar baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan merebut medali emas pertama di Asian Games 2018, saat melawan Marjan Salahshouri dari Iran. Perempuan berhijab ini menang dengan 8.690 poin, seentara Marjan peraih medali perak mendapat poin 8.470. 

Dunia olahraga bela diri sudah sejak lama populer di kalangan kaum Hawa. Meski dulu sangat identik sebagai olahraga keras para kaum Adam, namun kini berbagai cabang olahrahraga bela diri diminati perempuan. Termasuk Taekwondo. 

Olahraga bela diri asal Korea ini belakangan juga diminati kaum perempuan. Pasalnya, olahraga bela diri ini fokus pada pertahanan diri pada saat ada penyerangan fisik. 

Adanya banyak kasus pencopetan, penjambretan, dan bahkan pemerkosaan, tulis reitenbachstaekwondo.com, ternyata juag mendorong semakin banyaknya perempuan untuk berlatih Taekwondo. 

Namun, selain untuk melakukan pertahanan diri, apa saja kelebihan Taekwondo? Seperti Defia Rosmaniar, kenapa perempuan memang disarankan untuk belajar bela diri asal Korea ini?

Melatih Pelvis

Dilansir dari situs yang sama, ternyata teknik tendangan Taekwondo menguatkan 3 jenis otot yang penting banget untuk cewek. Pertama, otot punggung belalakang. Kemudian, juga otot pinggul. 

Selain itu, gerakan menendang khas Taekwondo juga bisa menguatkan otot pelvis yang, kamu pasti sudah tahu, sangat penting untuk kesehatan dan hidup perempuan. 

Bisa Jadi Olahraga Fitness Juga

Dilansir dari gorinotaekwondo.com, Taekwondo bukan cuma olahraga bela diri, tapi juga bisa menjadi oleharaga fitness. Artinya, Taekwondo bisa kamu jadikan sebagai olahraga yang bikin badan fit. 

Bahkan, turin berlatih Taekwondo juga bisa membantu menurunkan berat badan, lho! 

 

Fokus dan Percaya Diri

Taekwondo bukan cuma latihan fisik. Tapi juga memiliki elemen lain seperti melatih mental agar lebih percaya diri dan berani. Bela diri ini juga bisa meningkatkan kefokusan. 

Meski olahraga bela diri identik dengan berkelahi, namun olahraga ini sama sekali tak boleh digunakan untuk kejahatan atau menyakiti oang lain. Justru, tulis gorinotaekwondo.com, Taekwondo mengajarkan bagaimana caramu mengontrol diri sendiri, baik dari segi mental, emosi, dan juga fisik. 

Loading