Sukses

Lifestyle

3 Fakta Alpukat Pasaman, Buah yang Jadi Suguhan Atlet Asian Games 2018

Bintang.com, Jakarta Banyak orang bertanya-tanya, apa sih, makanan yang disuguhkan kepada para atlet Asian Games 2018? Dilansir dari Liputan6, para atlet disediakan berbagai makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Termasuk buah alpukat. 

Namun, ada yang beda pada alpukat yang disuguhkan kepada mereka dengan buah yang juga kerap disebut avokad lainnya. Namanya, alpukat Pasaman. 

Buah ini berasal dari Pasaman Barat, Sumatera Barat. Liputan6 mewartakan, buah ini menjadi suguhan para atlet Asian Games 2018 pada Expo and Conference Asian Games 2018 di halaman kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Samsul Widodo pada saat itu menyampaikan kalau alpukat yang ukurannya sangat besar ini memang sengajar diperkenalkan kepada para atlet dan tamu acara tersebut. 

"Pasaman Barat ini masuk dalam kategori daerah tertinggal. Namun ternyata potensinya luar biasa. Kami ingin lebih memperkenalkan buah-buahan mereka, khususnya buah tropis, kepada para atlet dan tamu kita di momen Asian Games ini," katanya, saat Soft Launching Expo and Conference Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (19/8/2018), dikutip dari Liputan6. 

Namun, selain ukurannya yang besar, apa yang bikin alpukat ini istimewa? Ternyata, ada beberapa hal yang berbeda pada alpukat ini, baik dari segi rasa dan teksturnya. 

2 dari 3 halaman

Rasa dan Serat

Alpukat Pasaman Barat ini memang istimewa lantaran ditanam dan dirawat secara istimewa pula. Sehingga, pohonnya akan selalu memiliki bunga yang baru meski baru saja dipanen. 

Selain itu, pohon-pohon tersebut selalu menghasilkan buah yang besar. Namun, seratnya sangat halus. Rasanya pun, menurut Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama di Nagari Kotobaru, Usnil Amri, rasanya juga beragam. Ada mentega, susu, dan juga keju. 

Buahnya besar, seratnya halus, ada rasa mentega, susu, dan keju. Sudah dipasarkan hingga ke Tanah Tinggi, Jakarta, Palembang, Jambi, dan Medan. Kami bahkan sudah menembus pasar Singapura dan Malaysia," katanya, seperti dikutip dari Liputan6. 

3 dari 3 halaman

Gizi Alpukat

Alpukat memang sangat baik untuk kamu yang berolahraga secaa rutin. Apa lagi untuk para atlet. Pasalnya, Halo Doc menulis, alpukat mengandung semua 18 asam amino penting yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. 

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak lemak baik yang nggak bakal membuatmu gemuk. Lemak yang terkandung di dalamnya seperti minyak zaitun yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Loading