Sukses

Lifestyle

Main ke Kota Ambon Manise? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap mengunjungi destinasi baru, apa yang biasanya Anda cari? Berbagai destinasi wisatanya, atau kelezatan kulinernya, atau bahkan keduanya? Bukan hal baru lagi jika penilaian wisatawan terhadap suatu daerah tak hanya dari keramahan masyarakat setempat atau keindahan tempat wisata yang dimilikinya. Ternyata, kuliner yang ada serta bagaimana cita rasanya juga tak luput dari perhatian. Oleh karena setiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing, maka jangan lupa cicipi kuliner ini ketika Anda bertandang ke Ambon.

Bubur Ne

Familiar dengan bubur satu ini? Ya, Bubur Ne memang sering kali disebut dengan bubur sagu, karena memang terbuat dari bahan dasar sagu. Di Provinsi Maluku, kuliner ini termasuk salah satu kuliner favorit, dengan tekstur kental dan rasa dominan manis bercampur dengan gurih.

Dari segi rasa, bubur yang berwarna cokelat dan putih ini mirip dengan kolak ubi khas Jawa, hanya sedikit lebih manis. Kuliner satu ini akan sangat lezat jika disantap selagi panas, jadi bagi Anda yang menyukai kuliner manis, jangan sampai melewatkan bubur khas Ambon satu ini.

Sinoli

Bernama lain Karu-Karu, camilan ini memang kurang terkenal, karena bukan merupakan makanan inti. Kuliner ini memiliki bentuk menyerupai dadar gulung dengan warna putih kecokelatan. Di dalamnya, berisi gula aren cair yang mendominasi rasa manis ketika Anda menggigitnya.

Sinoli terbuat dari bahan dasar sagu yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut, kenari, pala bubuk, dan gula aren untuk isinya. Camilan ini bisa Anda beli dan bawa sebagai oleh-oleh atau langsung disantap dengan ditemani kopi panas.

Rwbia

Pasti terdengar sedikit asing di telinga, ya. Padahal, rwbia hanyalah olahan yang dibuat dari bahan kerang, atau yang dalam Bahasa Ambon disebut dengan bia. Uniknya, jenis kerang yang digunakan untuk membuat kuliner ini tidak hanya satu, melainkan bergantung pada kerang apa yang bisa ditemukan oleh para nelayan.

Bia dimasak dengan tambahan rempah, seperti kelapa sangrai, gula, santan, bawang, jintan, kunyit, aren, dan masih banyak lagi. Campuran inilah yang menjadikan rwbia memiliki paduan rasa manis, gurih, dan pedas yang begitu sempurna. Biasanya, rwbia disantap bersama dengan kue talam atau ubi.

Sagu Lempeng

Sagu memang menjadi bahan kuliner andalan masyarakat Ambon. Selain bubur ne, kuliner berbahan sagu lainnya yang bisa Anda temukan di Ambon adalah sagu lempeng atau sagu gula. Proses pembuatan kuliner dengan rasa manis ini cukup unik, dengan dipanggang di atas cetakan yang terbuat dari tanah liat. Harganya pun terbilang sangat murah, hanya sekitar dua hingga tiga ribu rupiah.

Kopi Rarobang

Bagi penikmat kopi, Ambon juga memiliki kopi khas yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu kopi rarobang. Keunikan minuman pahit ini ada pada biji kenari yang ditaburkan di atasnya. Tak hanya itu, kopi ini juga terkadang dicampur dengan madu dan jahe putih saat pembuatannya. Namun, bahan dasar kopi yang digunakan adalah kopi jenis robusta. Kopi rarobang termasuk kopi tradisional Ambon yang harus Anda coba.

Itu tadi lima kuliner khas Ambon yang harus Anda coba saat berkunjung ke Kota Ambon Manise ini. Supaya Anda lebih mudah dalam memesan tiket pesawat ke Ambon, gunakan layanan Airy Tiket Pesawat yang bisa dipesan melalui aplikasi atau website Airy.Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dari banyak maskapai yang melayani rute penerbangan menuju Ambon, seperti tiket pesawat Garuda Indonesia, Lion Air, hingga Citilink Indonesia. Yuk, liburan ke Ambon sekarang juga!

 

(Adv)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading