Sukses

Lifestyle

Memang Tak Melulu Berakhir di Pernikahan, tapi Ini Tips Langgeng Meskipun Sudah Pacaran Lama

Bintang.com, Jakarta “Ngapain sih pacaran lama, ujung-ujungnya nanti putus juga. Ending-nya cuma jagain jodoh orang deh,” kalimat tersebut tentunya bukanlah kalimat yang asing lagi untuk pasangan yang sudah berpacaran selama bertahun-tahun. Kalau boleh dijawab dengan nada emosi pengin bilang,”Emang ada yang mau putus di tengah jalan?”

Eits, jangan dulu emosia karena kita memang nggak bisa mengontrol omongan orang apalagi kalau ada berita soal selebriti yang putus usai pacaran lama, udah deh kisah cinta kamu juga akan menjadi pembahasan menarik oleh teman-teman di dunia nyata. Pacaran sebentar lalu putus bakalan jadi omongan, pacaran lama lalu putus juga nggak terbebas dari omongan.

Intinya, orang-orang memang suka membahas kehidupan orang lain, tinggal bagaimana kamu menyikapinya saja. Tapi yang terpenting adalah pembahasan di luar sana tidak mempengaruhi kehidupan atau kisah cinta kamu dengannya. Kedepannya akan terjadi apa kan nggak ada yang tahu, yang terpenting adalah bagaimana caranya kamu dan si dia mempertahankan hubungan yang sudah terjalin lama.

Kalau niatnya baik pasti ada jalan untuk hubungan kamu dengannya berakhir bahagia kok. Dan di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan supaya hubungan kamu dengannya tetap bertahan meskipun telah bertahun-tahun pacaran. Dan semoga saja hubungan kamu dengannya berakhir di pelaminan. Aminnn!

1. Apa pun Perubahannya, Kamu dan Dia Harus Siap Menerima

Seiring berjalannya waktu kamu dan si dia akan mengalami sebuah proses pendewasaan. Mungkin pada akhirnya waktu akan membuat pemikirannya atau pemikiran kamu terhadap sesuatu hal berubah. Saat perubahan tersebut terjadi, maka kamu atau pun dia harus menerimanya.

Artinya jangan pernah mengatakan “Kamu sudah berubah”, coba untuk jalani saja karena pada akhirnya setiap orang memang harus melakukan sebuah perubahan dalam hidupnya. Bukan karena apa-apa, tapi intinya setiap orang pada akhirnya ingin menjadi pribadi yang lebih baik, namun jalan yang dipilih setiap orang memang berbeda.

2 dari 3 halaman

2. Kenyataan Memang Pahit, tapi Kamu Harus Tetap Memilih untuk Berkata Jujur

Saat kamu dan si dia sudah berpacaran bertahun-tahun itu artinya kamu telah dengan sangat baik mengenalnya, dari mulai sifatnya yang paling baik hingga yang paling buruk. Tentunya itu adalah sebuah hal yang baik. Tapi ada satu hal yang perlu kamu dan dia sadari adalah, apa pun yang terjadi kalian masih-masing harus tetap mencoba menjalani hubungan dengan kejujuran.

Lama atau tidaknya sebuah hubungan, setiap pasangan tidak ada yang suka dibohongi. Meskipun mungkin masalah kecil, tapi sebaiknya kamu dan dia tetap berkata jujur apa pun keadaanya. Ketika seseorang semakin dewasa, maka mereka pastinya akan lebih mengerti tentang pahit dan manisnya kehidupan.

3 dari 3 halaman

3. Buatlah Target Sejelas Mungkin

Pacaran sudah bertahun-tahun itu artinya kamu dan si dia memiliki kesempatan untuk membahas akhir dari hubungan kalian. Ya, kalau kalian berdua saling cinta, pastinya ingin berakhir dengan mengikat janji suci. Meskipun kamu dan si dia mungkin orangnya santai atau cuek, tapi tidak ada salahnya untuk membuat target kapan tepatnya kalian akan menikah.

Target tersebut dibuat untuk semakin mempersiapkan diri dalam hal ini mental dan juga finansial. Kalau lagi ngobrol santai nggak ada salahnya untuk kamu dan si dia membahas soal pernikahan.

Loading