Sukses

Lifestyle

Selain Pepaya, Ini 3 Buah Lain yang Lancarkan BAB

Bintang.com, Jakarta Sembelit atau konstipasi memang sangat mengganggu. Kadang, sembelit bisa membuat feses menjadi sangat sulit untuk dikeluarkan. Terpaksa, kamu harus berada di dalam toilet untuk waktu yang lebih lama. 

Tapi, kadang konstipasi juga bisa membuatmu nggak bisa Buang Air Besar (BAB) selama beberapa hari. Semakin lama kamu nggak bisa BAB, semakin keras feses saat hendak dikeluarkan. 

Hal ini, Prevention menulis, karena tubuh menyerap cairan yang terkandung dalam feses. Sehingga, semakin sedikit cairan dalam feses, semakin sulit untuk dikeluarkan. 

Pepaya sudah lama menjadi obat alami untuk memperlancar BAB. Pasalnya, tulis Dokter Sehat, pepaya kaya akan papain dan serat sehingga bisa melancarkan saluran pencernaan. 

Tapi, selain buah pepaya juga ada buah lain yang juga memiliki fungsi yang sama. Penasaran? Berikut ini 3 buah yang bisa memperlancar BAB

2 dari 4 halaman

Plum Kering

Untuk memperlancar saluran pencernaan, kamu membutuhkan banyak cairan dan juga serat. Nah, ternyata, Health Line menulis, buah plum kering juga mengandung banyak serat. 

Plum kering yang juga disebut dengan prunes sudah lama menjadi obat sembelit karena, setiap 28 gram plum kering mengandung 2 gram serat. 

3 dari 4 halaman

Apel

Selain pepaya, apel juga kaya akan serat. Bahkan, tulis Health Line, satu apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat. Baiknya lagi, sebenarnya kandungan serat sebanyak inilah yang disarankan para ahli gizi untuk kamu konsumsi setiap hari. 

 

4 dari 4 halaman

Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, atau juga jeruk mandarin mengandung banyak vitamin C. Tapi, juga mengandung banyak serat. Satu jeruk seberat 131 gram mengandung 3,1 gram serat. 

Selain itu, bukan cuma buahnya saja, kulit jeruk juga mengandung banyak soluble fiber rectin yang bisa mengurangi konstipasi. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cantik Alami: Hilangkan Jerawat dengan Pepaya