Sukses

Lifestyle

Dibuang Puluhan Tahun yang Lalu, Sampah Plastik Ini Kembali dan Masih Utuh

Fimela.com, Jakarta Mengapa harus menghindari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari? Setidaknya ada lebih dari 80 juta ton sampah plastik masuk ke laut setiap tahunnya dan kalau itu masih terus terjadi, maka diperkirakan pada tahun 2050 laut akan lebih banyak dihuni oleh sampah plastik dibandingkan dengan ikan atau biota laut lainnya.

Beberapa fakta yang dijelaskan di Independent tersebut tentunya hanya sedikit dari akibat yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Dan kalau itu belum bisa menyadarkan kita untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, mungkin kisah dari seorang pengguna akun Instagram yang kini tengah menjadi viral ini akan membuka mata dan pikiran kita semua terbuka.

Beberapa waktu lalu akun Instagram @denissa.pramesty mengunggah sebuah foto. Dalam foto tersebut terlihat ada banyak sampah plastik yang mengapung di laut. Namun Dennisa memfokuskan fotonya pada satu sampah plastik yang akan membuat siapa pun tercengang. Menurut Denisa sampah plastik sampo tersebut sudah sangat lama, namun terlihat masih utuh.

“Kalo berdasarkan bungkusnya, ini bungkus tahun 80-an. Tapi di tahun 2018, sampah ini nyatanya masih utuh di pantai,” jelas Denissa. “Semacam jadi pengingat kalau apa yang kita buang hari ini, akan jadi sampah hingga puluhan bahkan ratusan tahun ke depan,” tambah Denissa.

Apa yang ditakutkan oleh Dennisa memang seharusnya menjadi ketakutan kita semua. Dilansir dari Dietkantongplastik.info, kantong plastik tidak hanya dapat mencemari lingkungan, tapi juga sangat berbahaya bagi manusia.

“Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Kantong plastik yang digunakan untuk wadah makanan juga berpotensi mengganggu kesehatan manusia karena racun pada kantong plastik dapat berpindah ke makanan,” tulis Dietkantongplastik.info.

Informasi tambahan, dilansir dari CNN, untuk kantong plastik biasa sendiri membutuhkan waktu 10 hingga 12 tahun untuk terurai. Sementara untuk botol plastik akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi karena polimernya lebih kompleks dan tebal. Setidaknya botol plastik membutuhkan waktu 20 tahun untuk hancur. Kalau sterofoam yang sering kita gunakan sendiri itu membutuhkan waktu 500 tahun hingga akhirnya hancur sempurna. Belum terlambat, kurangi penggunaan plastik sekarang juga!

Artikel Selanjutnya
Belajar Mencintai Diri Sendiri dari Seorang Perempuan Gemuk yang Dapat Panggilan Tak Menyenangkan Seumur Hidupnya
Artikel Selanjutnya
Salahkahku Menjemputmu dengan Mobil Tuaku?