Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Organ Intim Terasa Gatal

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan organ intim bagi perempuan susah-susah-gampang. Mudah, kerena kita tidak membutuhkan banyak produk seperti sabun pembersih, apa lagi douche. 

Sulit, karena meski kita sudah merawat organ intim dengan baik, tapi kadang keseimbangan pH masih saja terganggu. Tandanya ada berbagai macam. 

Mulai dari keputihan, labia berwarna lebih merah dari biasanya, juga timbul rasa gatal. Ketiga tanda ini yang muncul bukan berarti ada penyakit menular. 

Dilansir dari Prevention, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik untuk gangguan dan penyakit tertentu. Namun, Women's Health Magazine menulis, organ intim kita memang kadang terasa gatal karena keseimbangan pH-nya terganggu. 

Bisa karena sperma, air kotor, atau juga bakteri yang terdapat pada urin dan saluran kemih. Tak perlu panik karena ini yang harus kamu lakukan untuk meredakan gatal

1 dari 2 halaman

Cara Redakan Gatal pada Organ Intim

Jangan Pakai Celana Dalam

Ketika berada di rumah seharian, atau pada saat tidur, cobalah untuk tidak mengenakan celana dalam. Prevention menulis, tanpa celana dalam, organ intim bisa 'bernapas' dan mengurangi iritasi pada vulva. 

Minum Obat

Sebagian besar perempuan familiar dengan infeksi jamur dengan tanda keputihan tak berbau, timbul asa gatal, dan juga labia memerah. Tak mengapa kalau ingin mengonsumsi obat dari apotek tanpa pergi ke dokter, selama kamu tahu betul gejalanya. Tapi, ketika gejala tidak kunjung reda, sebaiknya pergi periksakan dirimu ke dokter dengan segera. 

Jangan Lakukan Apapun

Organ intim memiliki bakteri baik dan jahat. Ketika keseimbangannya terganggu, pasti akan menimbulkan reaksi, termasuk gatal. Jangan digaruk atau juga diberikan sabun dan berbagai produk lainnya demi menghilangkan rasa gatal. Lebih baik diamkan karena organ intim kita memiliki cara tersendiri untuk kembali menyeimbangkan pH dan bakteri. 

Artikel Selanjutnya
Haruskah Membersihkan Organ Intim dengan Sabun?