Sukses

Lifestyle

Tak Melulu Soal Keintiman, Ini Kemiripan Pilates dan Tantra

 

Fimela.com, Jakarta Ketika mendengar tantra, kata ini langsung merujuk pada keintiman rumah tangga. Padahal, tantra yang sudah lebih dari 50.000 tahun lalu digunakan ini tak melulu merujuk pada urusan ranjang pasangan suami istri

Malah, tantra termasuk salah satu olahraga dan latihan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Refinery29 menulis, tantra bahkan kerap disandingkan dengan pilates, olahraga yang bertujuan untuk mengencangkan tubuh sekaligus bisa membakar lemak. 

Seperti juga yang ditulis Sweat HB, tantra dan pilates memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama melatih core yang sangat penting pembentukan tubuh perempuan. 

Meg Berry, seorang ahli tantra yang juga menjadi guru mat pilates di South Orange, New Jersey, Amerika Serikat mengatakan kepada Refinery29, keduanya mengajarkan inti yang sama. 

Tantra, katanya, ibarat sebuah sekolah yang mengajarkan meditasi dan pernapasan. "Tantra mengajarkanmu bagaimana memberdayakan dirimu sendiri untuk menciptakan kesehatan tubuh dan pikiranmu," katanya. Dengan kata lain, tantra membantumu mengintegrasikan pikiran dan tubuh secara bersamaan. 

Hubungannya dengan pilates, Meg menjelaskan lebih dalam, keduanya merupakan pelatihan yang berbasis core philosophies. "Dalam tantra, setiap orang (tak peduli apa pun jenis kelaminnya) memiliki energi feminin dalam cakra terendahnya. Sementara, cakra terendah itu disebut core, yang juga merupakan pilates," katanya kepada Refinery29.