Sukses

Lifestyle

Diplomasi Pop Presiden Jokowi di Korea Selatan: Blusukan ke Dongdaemun dan Bertemu Super Junior

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia kalau fans-fans K-pop terhitung garis keras. Mereka akan membela idola mereka dengan sepenuh hati. Bukan rahasia pula, bila penampilan iKON dan Super Junior di closing ceremony Asian Games 2018 menjadi salah satu highlight yang membuat berita di mana-mana dan bahkan membuat boyband top Korea itu muncul di banyak koran-koran Nasional. Sehingga beberapa yang beruntung ditampilkan oleh Siwon dan anggota boyband-nya di halaman Instagram mereka.

Mungkin karena itu pula, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Seoul, Super Junior meluangkan waktu untuk bertemu dengan kepala negara Indonesia tersebut. Pertemuan yang kita tidak tahu membahas apa saja, tapi dari foto yang terlihat di Instagram Siwon, bisa ditebak itu adalah perjumpaan kembali yang hangat dan bersahabat. Berpeluang untuk mempererat kerjasama Indonesia dan Korea Selatan yang memang sudah terjalin baik selama ini. Salah satu negara di dunia dengan fans terbesar budaya K-pop sudah pasti Indonesia. Tak perlu diragukan lagi.

Seakan itu belum cukup, Siwon dan Presiden Jokowi bahkan saling menyapa di kolom komentar Instagram sang idol. Sebuah momen yang mendapat banyak pemaknaan oleh internet. Salah satunya, harapan bahwa sesegera mungkin kunjungan warga negara Indonesia ke Korea Selatan bisa bebas Visa. Menggelitik, tapi tidak mustahil.

 

Bagi seorang idola sendiri, Siwon ikut menyebutkan bahwa ini salah satu langkah diplomasi dunia hiburan yang dapat ia dan teman-teman satu grupnya lakukan. Diplomasi yang membuat hangat media sosial, juga generasi millennial yang mungkin dekat dengan sosok Siwon, Super Junior, dan gaya kepemimpinan Jokowi yang memang unik.

Tak hanya itu, Jokowi bahkan menyempatkan untuk blusukan bersama Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In di Dongdaemun, Seoul. Kawasan hip yang menurut Presiden Jokowi mirip dengan Tanah Abang. Walau, bagi yang pernah mengunjungi Dongdaemun bisa saja tak sepaham. Terlepas dari itu, potensi bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan memang sangat besar. Dan jembatannya adalah industri kreatif. Karena susah menampik pesona K-pop yang sudah mewabah di seluruh dunia, dan betapa drama-drama Korea masih menjadi kesukaan banyak perempuan di Indonesia. Dan kalau berbicara perempuan yang menggemari budaya Korea, itu termasuk urusan skincare Korea yang juga menjadi favorit sejak beberapa tahun terakhir.

Artikel Selanjutnya
Meriahkan Closing Ceremony Asian Games 2018, Penampilan Super Junior dan iKON Disambut Ratusan Smartphone dan Teriak Histeris
Artikel Selanjutnya
Closing Ceremony Asian Games 2018: Pertemuan Kembang Api Tanpa Henti, Lagu-Lagu Evergreen, K-Pop, Dangdut dan Bollywood