Sukses

Lifestyle

2 Masalah Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Rambut bagi perempuan merupakan mahkota yang berharga. Karena itu, banyak perempuan yang berusaha untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Tapi, bukan batang rambutnya saja yang harusnya kamu perhatikan. 

Tapi juga kulit kepala yang justru sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Ketika kulit kepala sehat, Refinery29 menulis,maka rambut juga akan berkilau. 

Sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang memerhatikan kesehatan kulit kepala. Orang awam pun mengetahui satu-satunya gangguan kulit kepala cuma ketombe. Padahal, ada banyak masalah kulit kepala lainnya. Namun, ada dua gangguan kulit kepala yang paling umum terjadi. 

Ketombe

Ketombe merupakan gangguan kulit kepala yang paling sering ditemukan. Refinery29 menulis, ketombe ini juga disebut dengan seborrheic dermatitis, yang disebabkan karena sel kulit kepala yang mati tidak ter-exfoliate dengan baik. Sehingga menjadi build up dan rontok seperti salju. 

Ada banyak sampo yang mengklaim bisa mengatasi ketombe. Namun, sebelum menggunakannya, lebih baik kamu melakukan pijatan pada kulit kepala sebelum keramas selama 5 menit. 

Kulit Kepala Kering

Tidak semua 'salju' yang jatuh dari kepala adalah ketombe. Bisa saja kulit kepala yang kering dan kemudian rontok. Gejalanya pun mirip, seperti kulit kepala gatal. 

Jangan panik, karena menurut situs Australian Body Care, kamu bisa menggunakan tea tree oil dicampur dengan minyak zaitun yang kamu pijatkan pada kulit kepala selama beberapa menit. 

 

Artikel Selanjutnya
Selain Ketombe, 10 Hal Ini Juga Sebabkan Kulit Kepala Gatal