Sukses

Lifestyle

Faktanya, C-Section Buat Otot Perut Berubah Drastis

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu pasti memiliki banyak cerita ketika melahirkan. Jerih payah pada saat melahirkan normal sering dibagikan para ibu kepada perempuan lain sebagai pengalaman. Tapi, jarang perempuan membahas soal after effect dari proses melahirkan tersebut. Apa lagi C-Section atau operasi caesar. 

Ternyata, Prevention menulis proses operasi melahirkan jalur caesar ini bukan cuma meninggalkan bekas luka jahitan di perut ibu. Namun juga mengubah hampir seluruh kondisi tubuh dan kesehatannya. Terutama pada otot core. 

Sebenarnya, banyak perempuan yang habis melahirkan dengan jalan caesar ini merasakan perubahan pada area core. Namun, jarang yang membahasnya. 

Namun, beberapa seleb Hollywood sempat menceritakan pengalaman mereka usai melahirkan. Salah satunya, Beyonce. Kepada Vogue dia menceritakan kalau ada perubahan besar pada core-nya usai C-Section. 

"Itu merupakan operasi besar. Beberapa organ bergeser untuk sementara, dan pada beberapa kasus langka, beberapa organ bahkan dihilangkan untuk sementara waktu selama proses melahirkan," katanya seperti dikutip dari Vogue. 

Lantas, apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh seorang ibu usai melahirkan dengan caran C-Section atau operasi caesar? Refinery29 menulis ternyata penyebabnya adalah irisan pada bagian bawah perut. 

Pada saat melakukan irisan, dokter bukan hanya mengiris perut namun juga memisahkan garis tengah pada abdominal untuk memperluas akses pada rahim. Akibat proses ini, usai melahirkan para ibu kerap kesulitan untuk mengembalikan kekuatan pada abdominalnya dan kembali mengaktifkan otot core. Sehingga, sering kali para perempuan yang telah menjalani operasi caesar tidak kuat mengangkat barang berat dan bekerja terlalu banyak.