Sukses

Lifestyle

Connie Chiu, model albino yang mengubah perbedaan jadi kelebihan

Fimela.com, Jakarta Tak ada satu pun anak yang ingin terlahir berbeda, apalagi perbedaan tersebut nantinya bakal menjadi masalah yang harus dihadapi setiap harinya. Tapi, seperti sebuah takdir yang tidak dapat diubah, itulah yang harus dihadapi oleh Connie Chu. Jauh sebelum ia dikenal sebagai model albino pertama di dunia, Connie harus menghadapi berbagai cobaan terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa albino adalah kelainan genetik yang diwariskan setidaknya dari salah satu orangtua. Dilansir dari Medicine, kebanyakan anak yang mengalami albino terlahir dari orangtua yang memiliki produksi melanin normal serta tidak menunjukkan adanya tanda-tanda memiliki gen albino.

Orangtua Connie serta saudarinya memiliki warna kulit yang biasa saja, seperti orang Hong Kong kebanyakan. Gara-gara kondisinya yang berbeda dan karena orangtua Connie ingin melindungi dirinya dari cahaya matahari yang terlalu berlebih, akhirnya orangtua Connie memutuskan untuk pindah ke Swedia karena cuacanya dianggap lebih bersahabat, saat itu Connie masih berusia tujuh tahun.

Permasalahan malah muncul, Connie kehilangan kepercayaannya dirinya. Dilansir dari Allure, Connie mengaku lebih percaya diri saat tinggal di Hong Kong lantaran saat di sana ia melihat beberapa orang yang berpenampilan sama seperti dirinya, mengidap albino. “Aku ingat suatu hari saudaraku pulang dari sekolah dan dengan gembira ia mengatakan: ‘Kami melihat seseorang! Seorang gadis yang mirip seperti dirimu,’” jelas Connie.

Ketika melihat seseorang yang berpenampilan sama dengannya ia seperti mendapatkan kepercayaan dirinya kembali. Diceritakan oleh Connie, orang dengan albinisme yang ia temui berjalan di luar dengan percaya diri dan saat itulah ia mulai tersadar dan mendapatkan keberanian untuk melakukan hal yang sama.

“Hanya mengetahui orang ini berjalan keluar dengan begitu percaya diri membuat saya berpikir. Dia terlihat tidak menyembunyikan dirinya sama sekali,” cerita Connie Chiu. “Dia terlihat baik-baik saja menjalani hidupnya, terlihat seperti aku, tapi dia baik-baik saja. Maka aku akan menjadi orang itu juga. Aku juga akan bahagia dan hidup mandiri.” Connie Chiu pun akhirnya memfokuskan diri dengan menjadi model albino.

Dikenal Sebagai Model dan Penyanyi Jazz

Saat mendapatkan kepercayaan dirinya kembali Connie Chiu tak malu-malu lagi menunjukkan keberadaannya. Ya, siapa yang menyangka jika Connie yang dulunya sangat pemalu itu kini dikenal sebagai model albino pertama di dunia. Bahkan Connie Chiu juga pernah bekerja sama dengan desiner terkenal, Jean-Paul Gaultier.

Kini ia tak hanya dikenal sebagai seorang model, perempuan yang berusia 48 tahun itu sekarang juga dikenal sebagai penyanyi jazz. Saat ini, Connie Chiu bukanlah model albino satu-satunya, ada beberapa model lainnya yang memiliki warna kulit istimewa seperti Connie, sebut saja Stephen Thompson, Shaun Ross, Thanda Hopa, dan Natasya Kumarova.

;
Loading