Sukses

Lifestyle

Ajarkan anak tentang batik lewat botol susu

Fimela.com, Jakarta Botol susu biasanya dikemas dengan gambar yang disukai anak-anak atau bahkan hanya bening tanpa gambar saja. Namun, ada yang berbeda dengan salah satu produsen botol susu asal Jepang.

Memperingati Hari Batik  Nasional 2018, produsen susu tersebut menghadirkan edisi motif batik yang sangat unik.

"Pigeon merupakan brand dari Jepang yang peduli dengan budaya lokal dan ingin melestarikan budaya lokal seperti batik," kata General Marketing Division Pigeon, Anis Dwinastiti, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada tahun 2018, motif yang dipilih untuk menghiasi botol susu tersebut ialah bercorak merak dan parang dengan makna mendalam. Iwet Ramadhan, sebagai Desainer motif batik botol susu tersebut mengatakan memilih merak terinspirasi perjalananya ke Garut.

Salah satu motif batik yang menarik di hatinya adalah Merak Ngibing. Usut punya usut, merak simbol dari keberhasilan. Di beberapa keraton, merak merupakan simbol binatang raja. Selain itu, walau sering memperlihatkan kemolekannya, merak merupakan binatang yang setia pada pasangan.

"Sementara itu parang merupakan simbol dari kebanggan," kata Iwet.

Turut melestarikan batik

Selain botol susu yang unik, produsen botol susu ini mengajak generasi muda untuk turut melestarikan batik sebagai warisan bangsa, dengan diadakannya “Pigeon Batik Design Competition”, yang telah digelar mulai dari tanggal 4 Mei hingga 26 Agustus 2018.

Kegiatan ini terbuka bagi peserta berusia 16-25 tahun dimana peserta secara online mengirimkan desain karya design batiknya melalui email pigeon.csteam@mic.co.id atau website www.batik.pigeon.co.id.

Seluruh karya design yang masuk telah diseleksi oleh Guntur Susilo (Pecinta dan Pelestari Batik) dan penentuan pemenang lomba ini dinilai oleh oleh dewan juri yaitu Iwet Ramadhan (Entrepreneur, Desainer Batik dan Pelestari Batik); Ernanda Putra (Creative Designer) dan Guntur Susilo (Pecinta dan Pelestari Batik).

Pameran batik exhibition

Hasil karya yang meraih juara 1,2,3 mendapat kehormatan yaitu foto design karyanya akan dipamerkan dalam ajang ‘Pigeon Batik Exhibition’ yang berlangsung mulai tanggal 2-14 Oktober 2018 bertempat di Ground Floor, Pacific Place Mall, Jakarta.

Sementara pada kegiatan ‘Pigeon Batik Exhibition’, akan menampilkan seluruh koleksi botol Pigeon dengan motif batik dan koleksi kain batik Pigeon. Dalam pameran ini juga ditampilkan foto motif-motif kain Batik dan peralatan yang digunakan dalam proses membatik yang merupakan koleksi Museum Batik Yogyakarta. Serta dipamerkan juga koleksi kain batik karya Iwet Ramadhan dan Guntur Susilo.

Kontribusi nyata kepedulian Pigeon pun tak berhenti sampai disini. Sebagai bentuk peduli Pigeon terhadap anak-anak yang kurang beruntung, Pigeon akan mendonasikan sebagian penjualan botol motif Batik terbaru kepada dua (2) Yayasan yaitu Yayasan Sekar Mlati Femina Group senilai Rp. 50 juta dan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL) senilai Rp. 50 juta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading