Sukses

Lifestyle

Dua gejala kanker payudara selain timbulnya benjolan

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara, penyakit pembunuh nomor dua setelah penyakit jantung, memiliki satu gejala yang paling banyak diketahui perempuan; timbulnya benjolan pada area payudara, puting, atau juga bagian ketiak yang berdekatan dengan buah dada. 

Namun ternyata, benjolan ini bukan satu-satunya gejala yang nampak dan harus diwaspada. Dilansir dari Prevention, benjolan yang timbul tersebut bukan early sign atau tanda awal dari penyakit berbahaya ini. 

Ada beberapa tanda lain yang akan muncul pada tahap-tahap awal tumbuhnya sel kanker. Sayangnya, tanda tersebut datang terlalu 'halus' hingga banyak orang yang tidak menyadarinya. 

Dilansir dari Health Line, tanda-tanda pada tahap awal ini bisa memicu sel kanker yang tidak ditangani dengan cepat dan baik akan tumbuh semakin besar. Akarnya pun akan semakin kuat, sehingga sulit untuk diangkat. 

Untuk itu, dalam rangka menyambut breast cancer awareness bulan Oktober ini, yuk kenali beberapa gejala kanker payudara lainnya yang belum banyak diketahui perempuan. 

Timbul iritasi

Ada baiknya buat sahabat Fimela untuk mengenal tubuhmu sendiri, terutama area sekitar payudara. Rabalah, jika ada perbedaan kulit di satu titik dengan titik lainnya di area buah dada. 

Salah satu tanda yang sering terlupakan banyak perempuan adalah munculnya iritasi pada kulit payudara. Selain iritasi, juga bisa muncul kulit kasar dan bersisik. 

Timbul rasa sakit

Selain itu, banyak perempuan yang mengabaikan rasa sakit pada kedua payudaranya. Memang, selama masa PMS, kehamilan, dan juga menopause, payudara akan terasa sakit. 

Namun, jika rasa sakit tersebut tidak juga mereda, apa lagi timbul di luar masa-masa di atas, sahabat Fimela mungkin harus berhati-hati dan melakukan konsultasi ke dokter. Pasalnya, rasa sakit pada payudara yang tidak kunjung reda merupakan salah satu tanda awal munculnya sel kanker. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading