Sukses

Lifestyle

Bukan perhiasan, emas batangan lebih ideal untuk investasi

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit perempuan yang berinvestasi dengan perhiasan emasnya. Selain karena bisa dipakai sebagai aksesori, perhiasan emas dikatakan memiliki nilai jual tinggi sehingga dapat diuangkan kembali jika dibutuhkan. Namun, benarkah perhiasan emas adalah pilihan tepat berinvestasi? Bagi yang sedang berencana investasi dengan emas, you should read the full article here.

Mengapa Emas?

Nilai jual emas yang stabil setiap tahun di Indonesia membuat emas layak dijadikan investasi. Keunggulannya adalah tingkat likuiditas emas sangat tinggi, yakni setara dengan uang tunai. Menjual emas relatif mudah, sehingga kita bisa mendapatkan sejumlah dana dalam waktu cepat saat membutuhkannya. Hasil penjualannya pun lebih tinggi atau setidaknya stabil dibanding aset lain.

Bukan Perhiasan

Emas dalam bentuk perhiasan tidak dianjurkan untuk investasi. Ini lantaran emas yang dipakai untuk perhiasan adalah emas 22 karat atau 75%. Soal harga, seharusnya hanya 75-80% dari harga logam mulia 24 karat. Tapi karena ada biaya pembuatan perhiasan, harga jualnya jadi sama atau lebih tinggi dari emas logam mulia. Saat perhiasan emas dijual, yang dibayarkan oleh toko emas adalah harga emas dan tidak termasuk biaya pembuatannya. Itulah alasan mengapa saat dijual kembali, harganya tak akan sama dengan harga belinya.

Emas Batangan dan Koin

Pilihan terbaik investasi emas adalah dalam bentuk batangan dan koin. Baik batangan atau koin, prinsipnya sama saja selama itu dikeluarkan oleh pencetak logam mulia Indonesia bersertifikat, PT Aneka Tambang (ANTAM). Namun, yang lebih banyak dikeluarkan adalah bentuk batangan.

Untuk koin, ada jenis koin emas Dinar, yaitu koin emas seberat 4,25 gram dengan kadar 22 karat yang dicetak dalam huruf Arab selayaknya mata uang dinar. Koin jenis ini tidak bernilai lebih tinggi. Ketika dijual di toko emas Indonesia, koin ini akan dihargai setara nilai emasnya saja. Selain toko emas, koin emas Dinar juga bisa dijual kembali di tempat penjualan Dinar bernama Wakkalah.

Bagaimana cara mendapatkan emas untuk investasi? Kita bisa membeli langsung di ANTAM. Sayangnya kurang efisien. Selain lokasi yang cukup jauh bagi sebagian orang, antreannya yang panjang juga membuat pembeli sering kehabisan, bahkan untuk logam mulia pecahan kecil. Sebagai alternatif, kita bisa membeli di toko emas dengan harga sama atau lebih murah dari ANTAM.

Mari berinvestasi.

;
Loading