Sukses

Lifestyle

Hasil riset buktikan puasa jaga tubuh awet muda dan hindarkan penyakit kronis

Fimela.com, Jakarta Tanpa perlu survey pun, bisa dipastikan semua orang ingin tetap muda. Bahkan sejak zaman Yunani Kuno, orang-orang sudah sadar betapa berharganya awet muda. Ini lantaran awet muda tidak sekadar membuat kulit bebas keriput, tapi juga menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, pembuluh darah yang terjaga kemudaannya dapat menghindarkan kita dari penyakit kronis seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan Alzheimer.

Penelitian yang dipimpin Dr. Ming-Hui Zou, direktur Pusat Kedokteran Molekuler dan Translasional di Georgia State University Atlanta, menyebutkan bahwa penundaan penuaan dapat dicapai dengan puasa atau membatasi asupan kalori. Penemuan yang telah diterbitkan di jurnal Molecular Cells ini menerangkan bagian terpenting pada proses penuaan adalah menuanya vascular (sistem peredaran darah).

Ketika kita puasa, diet rendah karbohidrat, atau usai olahraga dalam waktu lama, tubuh akan menghasilkan keton (beta-hydroxybutyrate), yakni molekul yang diproduksi oleh hati dan digunakan sebagai sumber energi ketika glukosa tidak tersedia. Menariknya, keton inilah yang dapat menunda penuaan vascular melalui sel-sel endotel dengan cara melapisi permukaan bagian dalam pembuluh darah dan pembuluh limfatik, sehingga mencegah terjadinya penuaan sel.

Karena tidak semua orang mampu berpuasa atau tidak makan selama 24 jam, Dr. Ming-Hui Zou sedang mengembangkan bahan kimia baru yang dapat meniru fungsi keton pada tubuh. Sehingga nantinya orang tetap bisa makan, serta di waktu yang sama menjaga tubuhnya tetap muda dan melawan penyakit. Diharapkan hidup akan lebih mudah dan menyenangkan.

Jika benar ada bahan kimia seperti ini, tertarik memakainya? Atau lebih suka puasa dan diet keto yang konvensional?

;
Loading