Sukses

Lifestyle

Waspada kanker Melanoma, kanker kulit paling ganas dan mematikan

Fimela.com, Jakarta Tinggal di negara tropis dimana matahari bersinar dengan teriknya mau tidak mau harus waspada akan kanker melanoma, kanker kulit yang jarang terjadi namun tergolong paling ganas dan mematikan. Terlebih bagi yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko tersebut. Namun faktanya, sinar matahari bukanlah satu-satunya penyebab. Usia, jenis kelamin, ras, dan keturunan juga jadi faktor yang sayangnya tak bisa dicegah.

Di samping itu, kanker melanoma dapat berkamuflase menjadi tahi lalat – bagian paling mudah dilihat dan diperhatikan. Jika menemukan tahi lalat mencurigakan, dengan tanda-tanda seperti bentuknya menjadi lebih besar, warnanya berubah menjadi kebiruan atau abu-abu, teksturnya berkerak dan membengkak, serta gatal, sebaiknya segeralah periksa ke dokter kulit.

Pengobatan kanker melanoma adalah dengan operasi. Jika masih pada tahap awal, tingkat keberhasilan operasi terbilang tinggi. Namun, jika sudah pada tahap parah, bisa dilakukan perawatan kemoterapi untuk menghambat penyebaran kanker. Meski bisa disembuhkan, kita masih perlu waspada dan memperhatikan kondisi karena kanker kulit ini dapat kembali muncul.

Jangan sampai kanker melanoma menghampiri. Terlebih jika kita merasa setiap hari lebih banyak menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari. Namun, kanker melanoma dapat dicegah dengan beberapa cara berikut:

2 dari 4 halaman

Hindari Bahaya Sinar UV

Cara terbaik melindungi kulit dari efek buruk sinar UV adalah dengan pakai sunscreen setiap hari, baik di dalam atau luar rumah, maupun cuaca panas atau mendung. Tak hanya sinar matahari. Hindari pula sinar UV buatan yang berasal dari tanning bed atau sunlamp.

3 dari 4 halaman

Periksa Kondisi Tahi Lalat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika kita menemui ada tahi lalat baru atau tahi lalat lama berubah, cepat-cepatlah memeriksakan diri ke dokter kulit. Pemeriksaan dini jauh lebih baik untuk memudahkan pengobatannya.

4 dari 4 halaman

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh yang lemah buat kita mudah sakit. Perlu meningkatkan pertahanan diri dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti perbanyak makan buah dan sayuran, mengurangi konsumsi alkohol, tidak merokok, perbanyak asupan probiotik, tidur yang cukup, dan menghindari stress.

: