Sukses

Lifestyle

Weekend treat: dumpling makanan penyatu keluarga

Fimela.com, Jakarta Can’t get over Crazy Rich Asians the movie? Saking cintanya dengan film tersebut, bahkan sampai memengaruhi dirimu? Seperti ingin meniru tampilan mewah ala konglomerat. Dan mungkin ikut tergoda ingin makan atau tergelitik membuat dumpling seperti adegan di film? Jika pilihan terakhir betulan dirasa, FIMELA tahu restoran yang siap memenuhi keinginan makan dumpling yang lezat.

Pas sekali, akhir pekan lalu FIMELA diundang oleh restoran Din Tai Fung Indonesia untuk membuat dumpling bersama. Restoran asal Taiwan yang sudah ada sejak 60 tahun silam ini memang terkenal dengan menu xiao long bao (dumpling). Terinspirasi dari film Crazy Rich Asians yang memperlihatkan budaya keluarga Asia saat berkumpul dan membuat dumpling, Din Tai Fung mengadakan Workshop Dumpling Class untuk memperkenalkan teknik membuat dumpling ala Din Tai Fung.

Dan ternyata, membuat pangsit kukus ini tidaklah mudah. Langkah pertama yang sebenarnya sederhana pun, membuat kulit dumpling, tidaklah semudah yang dibayangkan. Adonan kulit yang sudah dipotong kecil-kecil dipipihkan dengan roll kayu. Kulit dumpling yang ideal adalah bagian dalamnya lebih tebal daripada bagian tepi. Cukup sulit bagi yang benar-benar awam dengan rutinitas masak-memasak. Bahkan chef pun harus mendapat pelatihan membuat dumpling.

Setelah itu dimasukkan isian yang terdiri dari daging ayam dan sayur-sayuran. Satu lagi langkah yang sangat menantang, membuat lipitan dumpling. Lipitannya jelas berbeda dengan pastel. Agar lebih berestetika dan memberikan tampilan selayaknya dumpling, memang sebaiknya bentuk lipitannya tidak hanya menempel dan menutup kulit.

Din Tai Fung tidak sekadar menyajikan dumpling, tapi juga menu chinese comfort food (tidak mengandung babi) dengan cita rasa internasional. Beberapa menu rekomendasi mereka adalah Nasi Goreng dengan Irisan Daging Sapi, Mie Tom Yam Seafood, Golden Lava, dan Puding Mangga. Jika masih belum tahu mau kemana weekend ini, mungkin bisa makan malam bersama satu keluarga di Din Tai Fung.