Sukses

Lifestyle

3 cara agar anak bisa tidur lebih nyenyak di malam hari

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati buah hati mengantuk, tidak fokus dan mudah marah di siang hari? Bisa jadi alasannya adalah karena saat malam buah hati tidak bisa tidur dengan nyenyak. Anak yang tidak bisa tidur nyenyak bisa mengalami berbagai masalah baik untuk kesehatan fisik maupun psikisnya.

Untuk itu, orang tua perlu memastikan anak memiliki tidur nyenyak saat malam hari. Melansir dari laman parents.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat tidur anak di malam hari lebih nyenyak dan berkualitas. Apa caranya? Simak yang berikut ini.

Buat kamar tidur anak senyaman mungkin

Orang tua penting membuat kamar tidur anak senyaman mungkin. Nyaman di sini bisa dengan memastikan kamar anak bersih, aromanya wangi, tertata rapi, cat dan furniture yang digunakan menenangkan serta mendapat pencahayaan cukup.

Kamar tidur yang nyaman akan membuat anak lebih nyaman, aman dan tenang di dalam kamar. Alhasil anak-anak pun bisa dapatkan tidur yang nyenyak serta berkualitas.

 

 

Cukupi kebutuhan nutrisi anak

Cukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya

Pastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi setiap harinya. Beri anak makanan dan minuman sehat yang membatu tumbuh kembangnya maksimal. Memberikan segelas susu hangat kepada anak sebelum ia tidur bisa membuatnya dapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Batasi asupan makanan cepat saji pada anak. Makanan cepat saji bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat kesehatan anak menurun.

Kenalkan rutinitas tidur

Usahakan agar mengenalkan rutinitas tidur pada anak. Oang tua juga harus konsisten mengajarkan anak tidur di waktu yang tepat. Jangan biarkan anak begadang karena ini bisa mengganggu perkembangan serta pertumbuhan dirinya. Ketika anak terbiasa tidur di waktu yang tepat, kualitas tidur mereka akan lebih baik.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidur anak lebih nyenyak dan berkualitas. Selain cara di atas, cara lain yang bisa digunakan adalah ciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman, temani anak jika ia tak berani tidur sendiri lalu perlahan ajarkan agar anak tidur sendiri atau terpisah dari orang tua, dan beri anak pakaian yang nyaman dan longgar untuk tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta