Sukses

Lifestyle

Mulai manis hingga gurih pedas, ini ciri khas masakan di Jawa

Fimela.com, Jakarta Bicara mengenai kuliner, Indonesia menjadi salah satu negera dengan keberagaman kuliner yang luar biasa mengesankan. Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki kuliner yang khas dan berbeda antara satu dengan lainnya. Di Jawa sendiri, di setiap daerah juga memiliki masakan dengan ciri khas yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Di beberapa kota dan kabupaten di Jawa, ada masakan yang khas dengan rasa serta aroma manis. Tapi di beberapa kota dan kabupaten lain khas dengan aroma gurih dan rasa pedas. Untuk mengetahui lebih jauh seperti apa masakan di Jawa, simak yang berikut ini.

Masakan Jawa Barat

 

Masakan khas Jawa Barat atau Sunda umumnya menggunakan bumbu dasar putih dan kuning. Rempah yang tak boleh ketinggalan dipakai memasak antara lain adalah batang serai, daun salam dan lengkuas. Cara memasak masakan Jawa Barat adalah dengan dikepul, dipanggang, dan dikukus dengan daun pisang. Masakan khas Jawa Barat biasanya disajikan bersama nasi liwet, nasi timbel, nasi tutug oncom, pepes, lalapan segar dan sambal.

Masakan Jawa Tengah

Masakan selanjutnya di Jawa adalah masakan khas Jawa Tengah. Berbeda dengan masakan Jawa Barat, masakan Jawa Tengah umumnya memiliki rasa yang manis dan kurang pedas. Bumbu yang tak boleh ketinggalan dalam setiap masakan adalah bawang merah, bawang putih, sedikit gula merah dan rempah serta santan. Bagi kita yang tak suka masakan pedas, nampaknya akan sangat menyukai masakan ini. Masakan khas Jawa Tengah yang populer antara lain soto kudus, gudek dan masakan bacem.

Masakan Jawa Timur

Masakan khas Jawa Timur khususnya di Surabaya dan sekitarnya memiliki ciri khas yakni rasanya asin dan pedas. Masakan khas Jawa Timur juga identik dengan penggunaan terasi serta petis. Masakan dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, dibakar, direbus dan dipepes hingga benar-benar matang. Masakan yang populer di Jawa Timur antara lain ayam lodho, rujak cingur, tahu tek dan tahu campur.

Masakan Jakarta (Betawi)

Masakan khas Jakarta atau Betawi umumnya mendapat pengaruh dari para pendatang seperti Portugis, Arab, Tiongho dan Belanda. Masakan ini identik dengan rasa gurih namun tidak terlalu pedas. Cara memasak yang umum digunakan adalah dikukus dan digoreng. Masakan yang terkenal dari Betawi antara lain soto betawi, karedok, ketoprak dan asinan betawi.

Itulah beberapa ciri khas masakan yang ada di Jawa. Sudahkah merasakan masakan-masakan ini sahabat Fimela?

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini: Nasi Goreng Jagung, Bubur Pedas Kalimantan Barat dan Sayur Asem Jakarta
Artikel Selanjutnya
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Urap, Trancam dan Gudangan